Lebaran CDN

Pulihkan Ekonomi Masyarakat, Warga Buol Diminta Budi Daya Udang

BUOL – Pemerintah Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah memberdayakan warga untuk membudidayakan udang vaname, guna memulihkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

Bupati Buol Amirudin Rauf di Buol, Jumat mengatakan, Pemkab melalui Dinas Perikanan telah membuat satu tambak percontohan udang vaname di Desa Lakea, Kecamatan Lakea.

“Dalam waktu dekat Pemkab Buol membeli 4 juta benur atau benih udang yang diberikan kepada masyarakat,” katanya di sela peninjauan ke tambak percontohan udang vaname.

Kemudian, Pemkab Buol juga mengadakan 300 ribu benur untuk diberikan kepada masyarakat yang tergabung dalam kelompok pembudidaya udang vaname.

Karena itu, Bupati menegaskan agar bantuan yang nanti dibagikan kepada masyarakat, betul-betul diberikan kepada yang membutuhkan.

Lebih lanjut, Bupati Buol juga menyampaikan agar ketika benur dan nener lobster yang dibagikan kepada masyarakat untuk disimpan dulu beberapa hari di tambak percontohan tersebut.

“Simpan dulu di sini beberapa hari, agar bisa beradaptasi. Masyarakat yang akan mendapatkan bantuan juga diberikan pelatihan dulu bagaimana cara mengembangbiakkan. Jangan sampai mati benih tersebut. Begitu pun kalau mau dimasukkan ke tambak atau empang, jangan langsung dimasukkan saja,” sebutnya.

Bupati menginginkan agar semua kelompok calon penerima bantuan diberikan arahan terkait bantuan kegiatan agar tidak salah dalam pelaksanaannya.

“Atur agenda, kumpulkan semua kelompok penerima berikan arahan yang baik dan benar agar tidak salah, saya akan hadir memberi arahan sekaligus mengecek kelompok penerima apakah benar-benar memang masyarakat yang berhak menerima,” tekan Bupati. (Ant)

Lihat juga...