Puluhan Hotel dan Restoran di Banda Aceh Dapat Dana Hibah Kemenparekraf

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, berfoto bersama para penerima bantuan hibah dari Kemenparekraf, di Banda Aceh, Kamis (10/12/2020) – foto Ant

BANDA ACEH – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, menyalurkan bantuan dana hibah yang bersumber dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), kepada para pengusaha perhotelan dan restoran di Banda Aceh.

“Bantuan sebesar Rp 4,5 miliar itu diberikan kepada 43 pelaku usaha perhotelan dan restoran yang diterima langsung masing-masing manager dengan 34 usaha hotel dan sembilan restoran,” kata Aminullah Usman, di Banda Aceh, Kamis (10/12/2020).

Aminullah mengatakan, amanah Kemenparekraf terkait dana hibah sebanyak Rp 4,5 miliar itu 70 persennya dimanfaatkan untuk hibah usaha perhotelan dan restoran. “Ini tujuannya adalah dalam rangka meringankan daripada beban pengusaha di masa pandemi COVID-19 ini,” jelasnya.

Penerima bantuan hibah memiliki syarat, rutin membayar pajak pada 2019, mempunyai tanda daftar usaha pariwisata, dan tetap berusaha menjalankan usaha di tengah pendemi COVI-19. “Mereka yang memenuhi kriteria maka akan kita bantu, dan hari ini sudah kita berikan. 43 penerima itu sudah dibantu Rp 3 miliar lebih, sedangkan 30 persen sisanya digunakan untuk meningkatkan kegiatan lain,” jelasnya.

Aminullah berharap, pelaku usaha perhotelan dan restoran bisa bangkit dan bantuan yang diterima dapat untuk menunjang aktivitas dunia pariwisata. Dengan bangkitnya pariwisata, akan memberikan multiplier effect, serta dapat memajukan UMKM dan transportasi.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Banda Aceh, Iskandar mengatakan, pihaknya sudah melakukan pendataan terhadap penerima sejak Oktober 2020 lalu. Penerima dipastikan terdaftar di pengusaha pariwisata. “Komposisi pembagiannya secara proporsi besarannya, semakin besar dia bayar pajak ke Banda Aceh artinya dia akan mendapat semakin besar penerimaan dana hibahnya,” jelas Iskandar.  (Ant)

Lihat juga...