Lebaran CDN

Puluhan Produk UMKM Hiasi Sentra Oleh-oleh Kota Bekasi

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Belum lama dibuka, Sentra Oleh-oleh Bekasi di depan pemakaman Poncol Jalan RA Kartini G1 Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat, sudah terisi puluhan produk pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) di wilayah tersebut.

Sentra oleh-oleh Kota Bekasi tersebut digagas oleh Pemberdaya Penggerak Indonesia Sejahtera (PEPES) Kota Bekasi, untuk mengumpulkan produk UMKM di satu tempat. Cara tersebut agar para pelaku UKM terus bertahan di tengah pandemi.

“Tempat ini yang dijadikan sebagai sentra pemasaran produk usaha kecil di Kota Bekasi, seperti batik Bekasi, makan ringan, minuman, serta kerajinan tangan. Tapi, sekarang masih di dominasi produk UKM makan minum (mamin),” ungkap Sofiyah Prilestari, Ketua Pepes Kota Bekasi, kepada Cendana News, Selasa (29/12/2020).

Sofiyan Prilestari, Ketua Pepes Kota Bekasi, di Sentra Oleh-oleh Kota Bekasi di Jalan Kartini G1, Margahayu, Bekasi Timur, Selasa (29/12/2020). –Foto: M Amin

Dikatakan, bahwa sentra oleh-oleh Kota Bekasi di kompleks pengairan Margahayu tersebut, sekaligus menjadi Sekretariat Pepes Kota Bekasi. Konsep ke depan selain menajdi sentra produk pelaku UMKM, juga menjadi perhimpunan dan komunikasi para pengurus maupun anggota, ataupun tempat pelatihan dalam memperkuat peran pelaku UKM di Bekasi.

Menurutnya, sekretariat sekaligus sentra oleh-oleh akan menjadi inovasi dan ide-ide kreatif untuk pemberdayaan pelaku UMKM di Kota Patriot. Untuk itu, dia mengajak seluruh pelaku UMKM di Kota Bekasi, bersama menjadikan sentra oleh-oleh sebagai tempat branding produknya.

Ada pun sistemnya konsinyasi, sentra oleh-oleh bisa menerima dengan harga grosir. Sehingga pelaku UMKM bisa menentukan sendiri harga jual di sentra gallery sekretariat Pepes Kota Bekasi.

“Tempat masih tersisa banyak. Ini khusus sentra oleh-oleh, memang dikhususkan bagi pelaku UMKM yang tergabung dalam Pepes Kota Bekasi. Tapi tidak menutup diri, bagi di luar Pepes, tentunya ada teknis lain yang diatur,” tukasnya.

Hingga saat ini, baru ada sekitar 50-an produk dari pelaku UMKM yang dititipkan di Sentra Oleh-oleh Sekretariat Pepes. Produk tersebut didominasi Makan Minum, seperti kopi, Anek cemilan dan lainnya. Namun demikian ada juga produk fesyen, kecantikan dan herbal.

Untuk memberi kenyamanan sentra oleh-oleh yang berdiri dua lantai tersebut, dibuat konsep seperti kafe. Sehingga pengunjung bisa menikmati aneka minuman, seperti kopi dan jajanan kue khasnya dari pelaku UMKM.

“Ini baru diresmikan kemarin oleh Ketua DPRD Kota Bekasi Chairuman. Beliau sangat men-support. Di tengah pandemi, UMKM terus berkembang dengan melihat beragam peluang,” ucap Sofi.

Dikonfirmasi terpisah, Chairoman, Ketua DPRD Kota Bekasi, mengaku mendukung dan mengapresiasi peluang yang diambil oleh Pepes Kota Bekasi. Karena dengan bertambahnya sentra UMKM di Kota Bekasi, diharapkan mampu memotivasi pelaku untuk menciptakan kreativitas produk lebih banyak lagi.

“Pelaku UKM terbukti mampu bertahan di tengah pandemi. Bahkan cenderung terus eksis, meskipun di tengah pandemi,” jelasnya.

Lihat juga...