Lebaran CDN

Purwakarta Siapkan 30 Hektare Lahan untuk Pengembangan Bawang Merah

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika (kedua dari kiri) saat meninjau tanaman bawang merah di daerahnya, Sabtu (19/12/2020) – Foto Ant

PURWAKARTA – Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menyiapkan lahan seluas 30 hektare, untuk pengembangan bawang merah di daerah tersebut.

Untuk melancarkan program tersebut, Pemkab Purwakarta menggandeng pihak swasta, dalam hal ini PT Ewindo, untuk penggarapan lahan pertanian seluas 30 hektare tersebut. “Lahan yang kita siapkan berlokasi di Desa Bojong, Kecamatan Bojong,” kata Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, Sabtu (19/12/2020).

Bupati Anne menyebut, sudah melakukan uji coba menanam bawang merah di daerah Purwakarta. Hasilnya cukup bagus, dan ternyata bawang merah bisa tumbuh subur di Purwakarta. “Uji coba tanam bawang merah sudah kita lakukan di laboratorium pertanian Kebon Ambu, di Desa Parakan Garokgek, Kecamatan Kiarapedes. Hasilnya cukup menggembirakan, kita anggap berhasil uji coba itu,” tandasnya.

Laboratorium pertanian Kebon Ambu memiliki luas sekira 6 hektare. Luas lahan tersebut masih kurang. Sehingga pihaknya akan memanfaatkan lahan-lahan tidur di wilayah Purwakarta, untuk pengembangan bawang merah. “Sudah ada, dan sudah kita siapkan lahan seluas 30 hektare di wilayah Kecamatan Bojong untuk pengembangan komoditas bawang merah itu,” pungkas Anne. (Ant)

Lihat juga...