RDN Dimanfaatkan ASN Jabar Beli Saham di Pasar Modal

Editor: Makmun Hidayat

BANDUNG — Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) telah membuka 647 Rekening Dana Nasabah (RDN) untuk dimanfaatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) guna membeli saham di pasar modal. 

RDN merupakan inovasi pertama di Indonesia yang mengantarkan Pemda Provinsi Jabar mendapatkan Piagam Penghargaan Rekor MURI Program Penguatan Ekonomi Domestik melalui Penawaran Investasi di Pasar Modal kepada ASN Provinsi Jawa Barat.

RDN menjadi salah satu sumbangsih ASN memulihkan ekonomi yang sedang terpuruk akibat pandemi COVID-19. Melalui rekening atas nama sendiri, ASN dapat mengaktifkan transaksi pasar modal sesuai kemampuan. Transaksi tercatat secara tidak langsung mendukung pembangunan daerah dan meningkatkan pendapatan ASN.

“Tentu saja ini merupakan  sebuah program terobosan di masa COVID-19,” ujar Sekretaris Daerah Setiawan Wangsaatmaja , saat menerima piagam MURI di Ruang Rapat Papandayan, Gedung Sate Bandung, Selasa (15/12/2020), berdasar rilis yang diterima Cendana News.

RDN diprakarsai PT BPD BJB Tbk sebagai BUMD milik Pemda Prov Jabar bekerja sama dengan PT Phintraco Sekuritas sebagai pihak yang aktif di pasar modal. RDN tak menuntut investasi nominal besar. Hanya bermodal Rp150.000 seorang ASN sudah dapat membeli 1 lot saham BJB dan menikmati keuntungannya.

Lihat juga...