Rutin Konsumsi Buah Pisang, Mampu Tingkatkan Imun Tubuh

Editor: Makmun Hidayat

SEMARANG — Imun tubuh yang kuat, menjadi benteng diri dari segala penyakit, termasuk Covd-19. Ada beragam cara yang bisa dilakukan, dalam menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Mulai dari istirahat yang cukup, olahraga rutin, hingga mengonsumsi beragam makanan yang dapat meningkatkan imun. Termasuk dengan rutin memakan buah-buahan, utamanya pisang dan pepaya.

“Dengan rutin mengkonsumsi buah seperti pisang dan pepaya, mampu meningkatkan imun tubuh. Buah pisang banyak mengandung serat, antioksidan yang baik untuk tubuh. Termasuk kandungan nutrisi seperti kalium, asam folat,” papar ahli gizi, sekaligus Kaprodi S1 Ilmu Gizi Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), Yuliana Noor Setiawati Ulvie, saat dihubungi di Semarang, Jumat (4/12/2020).

Ahli gizi, sekaligus Kaprodi S1 Ilmu Gizi Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), Yuliana Noor Setiawati Ulvie, saat dihubungi di Semarang, Jumat (4/12/2020). -Foto Arixc Ardana

Dipaparkan, buah yang mudah ditemukan di pasaran tersebut, dapat membantu tubuh dalam menyimpan cadangan kalsium, fosfor, serta nitrogen yang berfungsi membangun perbaikan dan regenerasi jaringan.

Dari segi Angka Kecukupan Gizi (AKG) buah pisang secara umum mengandung zat potasium,  vitamin B6, vitamin C, magnesium, tembaga, mangan, karbohidrat, hingga serat.

“Pisang kaya akan magnesium dan kalium, yang penting bagi tubuh untuk tetap bugar. Sementara, kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang, dapat berfungsi untuk meningkatkan imun atau kekebalan tubuh terhadap penyakit,” tandasnya.

Minat masyarakat dalam mengonsumsi buah-buahan, terutama pisang juga meningkat. Terlebih pada saat masa pandemi Covid-19. Setidaknya hal tersebut, dirasakan Hadi, pedagang pisang di kawasan Tembalang Semarang.

Membuka lapak jualan di depan rumah miliknya, dalam sehari dirinya bisa menjual puluhan sisir buah pisang. “Mau pisang apa saja ada, dari pisang raja, pisang emas, pisang ambon, kepok pipit, sampai pisang tanduk,” terangnya.

Diakui ada peningkatan penjualan buah pisang selama pandemi Coid-19, hingga dua kali lipat dibanding sebelumnya. “Bisa jadi kenaikan ini, karena kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan semakin meningkat. Salah satunya dengan rutin mengkonsumsi buah-buahan, termasuk pisang,” ungkapnya.

Sementara, salah seorang pembeli, Widiyanti, mengaku rutin mengkonsumsi buah-buahan dalam upaya menjaga kesehatan tubuh. “Salah satunya, dalam upaya menjaga kesehatan tubuh, dengan makan makanan yang sehat dan bergizi. Termasuk buah-buahan, salah satunya pisang,” terangnya.

Selama ini, buah pisang diakuinya, selalu ada di meja makan, untuk rutin dikonsumsi. “Meski jujur, saya sendiri tidak paham terkait kandungan nutrisi yang ada didalamnya, namun dengan rutin mengkonsumsi buah-buahan, badan juga tetap terasa bugar,” pungkasnya.

Lihat juga...