Sampai Awal Desember Realisasi Penerimaan Pajak Kepulauan Seribu Baru Rp21 Miliar

Ilustrasi pajak – Foto: Dokumentasi CDN

JAKARTA – Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, baru meraih realisasi penerimaan pajak sebesar Rp21 miliar atau sebanyak 34,6 persen dari target. Capaian tersebut terhitung sudah sampai pada 4 Desember 2020.

Terkait capaian itu, Kasubag Unit Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah (UPPRD) Kepulauan Seribu, Randy Rahmawati, menyatakan komitmen untuk terus melakukan optimalisasi pemungutan pajak daerah. Diantaranya pajak hotel, pajak restoran, pajak air tanah, pajak reklame, PBB-P2 dan BPHTB. “Langkah-langkah itu perlu dilakukan untuk memenuhi target APBD 2020 sebesar Rp60,9 miliar,” kata Randy, di Jakarta, Rabu (9/12/2020).

Beberapa jenis pajak yang diharapkan dapat mendongkrak pendapatan daerah yakni PBB-P2, dengan pendapatan tertinggi mencapai Rp17,4 miliar, atau sebesar 32,77 persen dari target perolehan tahun ini yang ditetapkan sebanyak Rp53,37 miliar. “Sementara yang melebihi target justru pajak restoran mencapai Rp2,18 miliar atau naik 438 persen dari target tahun ini sebesar Rp498,5 juta,” jelasnya.

Randy berharap, sosialisasi dan penagihan kepada wajib pajak secara persuasif, dapat meningkatkan perolehan pendapatan daerah melalui pajak. Pihaknya terus mengimbau agar wajib pajak untuk patuh dan taat pajak. “Karena pajak inilah yang membiayai pembangunan Kepulauan Seribu hingga menjadi maju seperti sekarang ini,” pungkas Randy. (Ant)

Lihat juga...