Lebaran CDN

Satgas Covid-19 Batang Butuh 372.080 Dosis Vaksin

BATANG — Tim Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Batang, Jawa Tengah akan membutuhkan 372.080 dosis vaksin untuk disuntikan pada warga setempat sebagai upaya penanganan pandemi COVID-19.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Batang Muchlasin mengatakan bahwa pemberian vaksin tersebut akan menyasar pada warga berusia 18 hingga 59 tahun.

“Kami sudah menghitung berapa jumlah kebutuhan masyarakat yang akan mendapatkan vaksinasi COVID-19 itu, yaitu sekitar 372.080 dosis,” katanya di Batang, Selasa (29/12/2020).

Muchlasin mengatakan calon penerima vaksin tersebut, terdiri atas 185.912 laki-laki dan 186.168 perempuan.

“Meski hingga kini kami belum mengetahui berapa jumlah vaksin yang akan diterima tetapi kami siap melaksanakan tugas pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19,” katanya.

Pemkab Batang telah menyiapkan petugas vaksin atau vaksinator yang akan melakukan penyuntikan vaksin COVID-19 kepada pasien dan masyarakat di daerah setempat.

“Vaksinator yang sudah kami siapkan terdiri atas dokter dan perawat. Mereka akan bertugas sebagai paramedis yang akan menyuntik vaksin kepada masyarakat,” katanya.

Kepala Bidang Perawatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kalisari, Kabupaten Batang Samuri mengatakan pihak rumah sakit sudah menyiapkan perawat untuk menjadi vaksinator COVID-19.

“Saat ini ada 336 perawat di RSUD, semuanya memiliki kemampuan untuk bertugas sebagai vaksinator COVID-19. Kami masih menunggu dari Dinas Kesehatan berapa jumlah vaksinator yang akan dibutuhkan,” katanya. (Ant)

Lihat juga...