Lebaran CDN

Siaga Nataru, SAR Maumere Kerahkan 65 Personel

Editor: Mahadeva

MAUMERE – Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2021, Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), menggelar Apel Gelar Pasukan dan Peralatan Siaga SAR. Apel digelar di lapangan Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere.

Apel diikuti seluruh pegawai, dan dipimpin langsung oleh Kepala Kantor SAR Kelas B Maumere. Apel dimanfaatkan untuk melakukan pengecekan kesiapan personel, kendaraan baik untuk darat maupun laut, peralatan komunikasi, alat penyelaman, serta peralatan mounteneering dan ektrikasi. Dalam siaga SAR khusus Natal dan Tahun Baru (Nataru), kami kerahkan 65 personel di beberapa pos,” ungkap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere, Flores, NTT, I Putu Sudayana, SE, MAP, dalam rilis yang diterima Cendana News, Sabtu (19/12/2020).

Putu menyebut, personel SAR akan ditempatkan di beberapa wilayah kerja seperti di Pelabuhan Laurens Say Maumere dan Bandara Frans Seda Maumere, dengan jumlah personel sebanyak 37 orang. Di Kabupaten Manggarai Barat, Siaga SAR Khusus Nataru akan membuka Posko di Bandara Komodo dan Pelabuhan Labuan Bajo dengan menempatkan personel lima orang. “Selain itu ada 18 personel di KN SAR Purwerejo, yang juga akan bertugas di perairan Labuan Bajo. Untuk Kabupaten Ende jumlah personel disiapkan dua orang dan Kabupaten Alor tiga orang, yang akan ditempatkan di Bandara Mali dan Pelabuhan Kalabahi,” jelasnya.

Putu menyebut, dalam Apel Siaga Sar Khusus Nataru, kesehatan menjadi hal utama untuk mendukung performa personel SAR di lapangan. Diharapkan seluruh pegawai selalu melaksanakan siaga, sesuai arahan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, serta melaksanakan protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan . Kita harus menerapkan 3 M sebab dengan mematuhi protokol kesehatan Kita semua terhindar dari virus Covid-19 dan tugas-tugas kemanusiaan kita berjalan dengan lancar,” tegasnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Sikka, Petrus Herlemus mengatakan, gugus tugas telah melakukan koordinasi dengan segenap aparat baik TNI Polri, SAR, aparat pemerintah serta tokoh agama.

Petrus berharap, petugas dapat mengontrol penerapan protokol kesehatan, seperti pada saat pelaksanaan ibadat perayaan Natal di gereja-gereja maupun kegiatan di berbagai tempat umum. “Gugus tugas juga telah berkordinasi agar kedatangan para penumpang harus dikontrol secara ketat dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan agar mencegah penularan virus Corona,” pungkasnya.

Lihat juga...