Sumur Putri Area Rekreasi Murah Meriah di Bandar Lampung

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Sebutan Sumur Putri yang berada kecamatan Teluk Betung Selatan, Kota Bandar Lampung masih dikenal sebagai kawasan yang memiliki kontur alam perbukitan, sungai, sumur air hangat.  Fasilitas bendungan, jembatan jadi daya tarik untuk tempat rekreasi murah meriah.

Nursanti, warga asal Bandar Lampung menyebut kawasan tersebut merupakan bentang alam yang menawan. Penyebutan Sumur Putri erat kaitannya dengan sebuah sumur yang mengeluarkan air hangat dan berada di bawah jembatan.

“Rekreasi yang murah meriah dan tidak harus berkerumun dalam suasana pandemi membuat kawasan Sumur Putri bisa jadi alternatif untuk dikunjungi apalagi saat ini wisata alam bisa digunakan untuk mendapatkan energi positif, menenangkan pikiran,” terang Nursanti saat ditemui Cendana News, Minggu (27/12/2020).

Dikenal sejak lama sebagai destinasi wisata alam, lokasi tersebut berada di tepi jalan. Bagi masyarakat yang akan menuju ke objek wisata alam perbukitan kaki Gunung Betung area Sumur Putri ada di Jalan Raden Imba Kesuma.

Lokasi tersebut juga menyediakan fasilitas tempat pemandian umum yang dikelola. Sebagian area dekat sungai Akar dipergunakan untuk penyediaan air bersih oleh perusahaan air mineral. Sejumlah anak tangga menuju ke bendungan kerap jadi spot foto berlatar belakang bendungan.

“Saat ini sejumlah objek wisata dibatasi karena Covid-19 jadinya aktivitas rekreasi bisa dilakukan pada area yang masih diperbolehkan dikunjungi,” cetusnya.

Kegiatan bermain dan mandi jadi alternatif isi waktu liburan bagi anak anak di sungai Akar, Sumur Putri, Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung, Minggu (27/12/2020). Foto: Henk Widi

Mengajak serta kedua anak dan suami, spot di Sumur Putri yang digunakan untuk swafoto berada di jembatan merah. Memiliki bentuk artistik jembatan itu mengalir tepat di atas sungai Akar. Saaat kondisi aliran bendungan mengalami debit air yang meningkat, sensasi munculnya embun akan terlihat. Munculnya embun dan uap air dari bendungan kerap memunculkan pelangi yang dikaitkan dengan legenda putri mandi di area tersebut.

Pengunjung lain, Christeva menyebut sengaja datang di kawasan Sumur Putri. Ia memilih datang ke area Sumut Putri untuk mengobati penyakit gatal pada kulitnya. Namun karena masa pandemi area bagian sumur untuk mandi sementara ditutup. Sebagai gantinya ia memilih menikmati suasana di jembatan sungai Akar.

Juniansah, salah satu anak menyebut kegiatan mandi di sungai menjadi rekreasi menyenangkan. Melompat dari atas bendungan ke sungai menjadi rekreasi pilihan.

“Bagian dasar sungai dipenuhi pasir dan lumpur sehingga kami tetap aman saat melompat dari bendungan,” cetusnya.

Juniansah menyebut usai mandi di sungai anak anak kerap akan bilas pada area sumur Putri. Namun karena area tersebut ditutup sebagian anak memilih melakukan bilas air bersih di bawah bendungan. Selain bermain air anak anak mengisi waktu liburan dengan mencari kerang jenis kepah, remis. Kerang sungai tersebut akan dimasak untuk lauk anak anak sesampainya di rumah.

Lihat juga...