Sup Sayur Daging Sapi, Menu Rumahan yang Lezat

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SEMARANG – Menikmati sepiring sup sayur daging sapi, nasi putih, ditambah sesendok sambal kecap, menawarkan kelezatan dari kesederhanaan menu rumahan.

Di satu sisi, cita rasa sup sayur daging sapi, selain dari bumbu yang digunakan, penggunaan kaldu dari rebusan daging juga menjadi faktor yang mempengaruhi.

“Secara umum, bumbu sup sayur adalah bawang putih digeprek atau diulek halus, kemudian digoreng hingga kecoklatan. Baru kemudian diberi air kaldu dari rebusan daging sapi. Ditambah merica, hingga sedikit jahe,” papar Rahmat, penjual nasi sup sayur daging, saat ditemui di sela berjualan di warung Santiku, kawasan Sidodadi, Semarang, Sabtu (12/12/2020).

Dipaparkan, dalam penyajian, umumnya sayur dan daging dipisahkan dari kuah kaldu. Tujuannya agar sayur dan daging tersebut tetap dalam kondisi optimal.

“Kuah atau kaldu ini kondisinya harus selalu hangat. Sementara jika daging dan sayuran sudah dimasukkan ke dalamnya, jika kelamaan akan terlalu matang, sehingga tidak enak,” tambahnya.

Sebagai teman makan sup sayur daging bisa beragam pelengkap, seperti tempe goreng, tahu bacem, hingga kerupuk udang, bisa dipilih.

“Seporsi sup sayur daging, hanya Rp12 ribu, lengkap dengan nasi. Murah meriah, tidak membuat kantong kering,” papar Rahmat sembari tertawa.

Lihat juga...