Tangerang Bangun Tiga Kolam Olakan Atasi Banjir

TANGERANG – Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, membangun tiga kolam olakan di sekitar Jembatan Alamanda Periuk, dalam mengantisipasi banjir. Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, mengatakan kolam olakan dilengkapi pompa submersible yang berfungsi untuk menyalurkan air ke tandon terdekat.

Kolam olakan dibangun di lokasi terendah dengan kedalaman 1,5 meter hingga 3 meter. Ada pun kapasitas pompa pendamping di kolam olakan, mampu menyedot air sebesar 67 liter hingga 300 liter per detik.

“Jika terjadi genangan, otomatis air akan mengalir ke dalam kolam tersebut dan secara otomatis akan dipompa untuk dialirkan ke tandon-tandon air terdekat,” ujarnya.

Ia mengatakan, berbagai upaya terus dilakukan dalam mengatasi banjir di wilayah Kota Tangerang, apalagi saat musim hujan seperti ini.

Pembuatan sistem drainase ini diharapkan dapat optimal untuk mempercepat pengurangan debit air pada wilayah tersebut.

“Jadi kita bikin sistem drainase satu titik, nantinya beberapa saluran air akan dikoneksikan, sehingga pengurangan debit air pada genangan di jembatan Alamanda bisa lebih cepat lagi surutnya,” katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Tangerang telah membentuk kampung siaga bencana, agar masyarakat bisa lebih sigap dalam menghadapi bencana alam ataupun non alam.

“Dengan dibentuknya kampung siaga, masyarakat akan lebih waspada dengan bencana yang datang. Tentunya kami selaku aparat akan mengimbanginya dengan kesiapsiagaan, kordinasi serta sinergitas untuk sama-sama menjaga kota Tangerang dari segala marabahaya,” kata Wali Kota.

Ia mengatakan, jika Pemkot Tangerang beserta Kodim 0506 Tangerang, Polres Metro Tangerang Kota, PMI, BMKG, Senkom serta Basarnas telah melakukan koordinasi dalam menangani segala kemungkinan bencana yang terjadi di Kota Tangerang. (Ant)

Lihat juga...