Tanpa Hasil Rapid, Ratusan Wisatawan di Wonosobo Diminta Putar Balik

Petugas gabungan memeriksa kelengkapan wisatawan berupa hasil tes cepat antigen di kawasan wisata Kalianget Wonosobo – Foto Ant

WONOSOBO – Tim gabungan Pemantauan Protokol Kesehatan dalam pencegahan penyebaran COVID-19 Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, meminta ratusan kendaraan wisatawan putar balik karena tidak dilengkapi hasil tes cepat (rapid test) antigen.

Kabid Ketenteraman dan Ketertiban Umum Satpol PP Kabupaten Wonosobo, Hermawan Animoro menyebut, sedikitnya ada 513 kendaraan roda empat bernomor polisi luar daerah, yang terjaring dalam operasi selama dua hari terakhir.

Tim gabungan, kembali menghentikan ratusan kendaraan milik wisatawan asal luar daerah, yang hendak menuju sejumlah lokasi Wisata di kawasan Dieng. Mereka tidak dilengkapi dengan hasil tes cepat antigen sehingga terpaksa harus putar balik. “Sesuai ketentuan yang diterbitkan Pemerintah Kabupaten Wonosobo, maka bagi wisatawan asal luar daerah yang hendak menuju objek wisata mesti menunjukkan surat keterangan hasil rapid antigen negatif, bagi yang tidak membawa kami minta agar mereka melakukan tes cepat antigen di fasilitas kesehatan atau laboratorium terdekat,” kata Hermawan, usai menggelar sela operasi di area parkir Taman Rekreasi Kalianget, Minggu (27/12/2020).

Berdasarkan hasil operasi protokol kesehatan di jalur utama menuju kawasan Dieng tersebut, tim gabungan dari unsur TNI, Polri, Dinas Perkimhub, Dinas Kesehatan dan Dinas Pariwisata Budaya yang menjaring 49 wisatawan, untuk menjalani uji petik tes cepat antigen. Hasilnya, ditemukan satu di antaranya dinyatakan positif COVID-19, sehingga yang bersangkutan dilarang melanjutkan perjalanannya.

Lihat juga...