Tawarkan Suasana Alam, Waduk Bendung Koja Ramai Dikunjungi

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Waduk Bendung Koja yang berada di sisi aliran Kali Cikeas, Kelurahan Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, semakin ramai dikunjungi meskipun di hari biasa. Bahkan saat akhir pekan biasanya kalangan komunitas sepeda menjadikan tempat ini untuk beristirahat sambil menikmati suasana alam.

Bendung Koja ramai dikunjungi terutama saat menjelang sore, selalu dipenuhi warga. Mereka datang hanya sekedar bercengkerama sambil menikmati kopi di warung atau hanya sekedar memancing di Bendung Koja yang terdapat beberapa spot menarik.

Bendung tersebut luasnya diperkirakan hampir mencapai satu hektare dan memiliki beragam jenis ikan yang sengaja dilepasliarkan. Sambil memancing, warga yang berkunjung tentu menikmati panorama yang masih dikelilingi beragam pepohonan asri.

“Sekarang setiap hari, ada saja warga yang datang. Terutama saat siang hingga sore mereka biasanya makan bersama dengan menggelar tikar di bawah rerindang pohon,” ungkap Bang Anto, penjaga Waduk Bendung Koja kepada Cendana News, Minggu (6/12/2020).

Anto, penjaga Waduk Bendung Koja, mengakui banyak warga memanfaatkan lokasi itu untuk memancing, makan bersama atau pun jadi tempat berenang anak-anak kampung sekitar. Saat ini kawasan sekitar waduk terus dibenahi, Minggu (6/12/2020) – Foto: Muhammad Amin

Bang Anto, membuka kedai kecil dengan menyediakan aneka minuman dan makanan seperti gorengan yang bisa dinikmati di bangku panjang di sekitar Bendung Koja, yang berada di bawah rerindangan pohon beringin dan perkebunan warga.

Diakuinya, Bendung Koja Jatiasih saat ini terus dilakukan perapian, untuk menyediakan spot foto dan lainnya. Perapian dilakukan oleh dirinya dibantu Karang Taruna secara swadaya agar menjadi lebih indah dan layak dikunjungi.

“Masih banyak sebenarnya yang harus diperbaiki agar memiliki daya tarik. Saat ini seperti jembatan penyeberangan dipercantik dengan cat warna warni, dan membuat gerbang di pintu masuk waduk,” ungkap Anto.

Jika Sabtu-Minggu, Bendung Koja biasanya dari pagi sudah dipenuhi beragam komunitas sepeda dari berbagai tempat di wilayah Kota Bekasi. Waduk Koja seakan menjadi destinasi yang harus dikunjungi oleh komunitas tersebut. Mereka melepaskan lelah sambil menikmati alam sekitar bendungan.

Bendung Koja dikelilingi beragam kompleks perumahan meliputi Sakura Regency, Madosi, dan lainnya di perbatasan antara Kota Bekasi dan Kabupaten Bogor. Untuk menuju lokasi waduk harus melewati jalur jalan setapak yang  berdampingan dengan Kali Cikeas.

Rosal, seorang sales kendaraan roda dua yang ditemui di lokasi mengaku, kerap melintasi waduk Bendung Koja dan berhenti untuk istirahat. Bahkan menurutnya tak jarang mengajak teman sesama sales, berkumpul saat siang di lokasi tersebut untuk melepas lelah.

“Enak saja tempatnya, karena memberi ketenangan jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Lokasi ini nggak bisa dilintasi kendaraan roda empat. Jadi benar-benar nyaman apalagi berteduh di bawah rerindang pohon beringin,” paparnya.

Lihat juga...