Terpapar Covid-19, Wapres Brazil Konsumsi Obat Malaria

BRASILIA – Wakil Presiden Brazil, Hamilton Mourao, mengonsumsi obat antimalaria, hydroxychloroquine, yang tidak terbukti ampuh, usai terpapar virus Corona, menurut kantornya.

Melalui penyataan, kantor Mourao menyebutkan, kesehatan wakil presiden “baik-baik saja” dan masih menjalani isolasi mandiri di kediaman resminya di Brasilia, setelah dinyatakan positif Covid-19 pada Minggu (27/12).

Presiden Jair Bolsonaro kerap meremehkan “kejamnya” Covid-19, seraya menganjurkan hydroxychloroquin sebagai pengobatan, meski kurangnya bukti secara ilmiah. Presiden mengonsumsi obat antimalaria tersebut ketika terinfeksi virus Corona pada Juli.

Bolsonaro menuai kecaman lantaran penanganannya terhadap pandemi di Brazil, yang mengkonfirmasi hampir 7,5 juta kasus dan menelan lebih dari 190.000 korban jiwa setelah Amerika Serikat.

Ditanya awak media pada Sabtu seputar banyaknya kritikan, bahwa peluncuran vaksin Brazil lamban dan sedikit informasi, Bolsonaro berkata: “Tidak ada yang menekan saya untuk apa pun, saya tidak peduli soal itu.” (Ant)

Lihat juga...