Tiga Pulau di Makassar Miliki Pengolah Air Siap Minum

MAKASSAR — Gubernur Sulawesi Selatan Prof HM Nurdin Abdullah meresmikan tiga unit pengolah air siap minum (arsinum) untuk tiga pulau di Kota Makassar.

Tiga pulau tersebut yakni Pulau Samalona, Lanjukang dan Langkai. Pada peresmiannya, Nurdin Abdullah didampingi Pj Wali Kota Makassar Prof Rudy Djamaluddin di Pulau Samalona, Minggu.

“Tahun ini ada di Samalona, Lanjukang maupun Langkai. Harapan kita kebutuhan dasar masyarakat itu bisa kita penuhi. Pendidikan, kesehatan, lalu kita benahi infrastruktur untuk mendukung pariwisata,” kata Nurdin Abdullah.

Sedianya Nurdin akan melakukan peresmian di Pulau Lanjukang Kelurahan Barrang Caddi sebagai simbolisasi hadirnya arsinum di tiga pulau tersebut, namun karena kondisi cuaca tidak memungkinkan sehingga Nurdin Abdullah akhirnya melakukan peresmian di Pulau Samalona.

Hadirnya fasilitas ini merupakan kolaborasi antara Pemprov Sulsel dan Pemkot Makassar serta Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Nurdin mengungkapkan bahwa sebelumnya unit instalasi serupa telah hadir di Pulau Barrang Caddi yang dikelola langsung oleh masyarakat setempat, jasa mereka juga ditanggung oleh Pemprov Sulsel.

Selanjutnya, Ia berharap BPPT akan menyiapkan air bersih untuk masyarakat.

“Kalau sekarang air langsung minum. Tahap berikutnya air bersih yang kita instalasi ke rumah-rumah. Jika ini kita sentuh, masalah pemenuhan air puluhan tahun sudah selesai,” jelasnya.

Lihat juga...