Tim PPSU Pejaten Timur Lakukan Bersih Lingkungan

Editor: Koko Triarko

JAKARTA  – Hujan lebat disertai angin kencang di awal Desember, membuat sejumlah warga di ibu kota merasa was-was, mengingat kejadian banjir tahun lalu terjadi secara tiba-tiba di awal tahun. Demikian pula dengan angin kencang yang bisa menumbangkan pohon dan menimpa rumah.

Lilis, warga Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, mengatakan hujan lebat disertai angin kencang setiap hari membuatnya takut akan terulangnya kejadian tahun lalu, ketika asbes rumah tetangga beterbangan menimpa rumah lain, genteng merosot, dan ada pohon mangga patah yang membuat kabel telepon terputus.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, dirinya meminta petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Pejaten Timur untuk memangkas pohon jambu yang terletak di samping rumahnya.

“Ini saya minta tolong sama petugas PPSU untuk ngerapiin pohonan di rumah sama di samping rumah, takut rubuh aja ketiup angin gede. Apalagi, itu pohon jambu sudah tinggi, mending saya suruh dah tuh PPSU tebang itu pohon,” ucapnya, Rabu (9/12/2020).

Lilis berharap, kejadian tahun lalu tidak terulang. Karena bukan hanya kerugian materi saja, tetapi juga banyaknya penyakit, terlebih di saat kondisi sekarang ini wabah Covid-19 belum juga berakhir.

Sementara itu, Romli, petugas PPSU Pejaten Timur, mewakili ketua tim mengatakan, bahwa memang sudah kewajiban bagi para petugas untuk merawat, menjaga lingkungan warga, tidak hanya membersihkan got, membersihkan sampah di jalan, baik jalan utama maupun jalan di area lingkungan perumahan warga, juga membuat agar lingkungan perumahan warga tampak asri dengan pemangkasan pohon, tentunya dengan seizin pemilik rumah.

Dikatakan Romli, bahwa para PPSU ini mempunyai tim yang satu timnya terdiri dari tujuh orang, dan di dalamnya ada satu ketua tim.

Satu tim ditempatkan di satu titik wilayah untuk melakukan penyisiran kebersihan lingkungan. Kegiatan membersihkan lingkungan di area perumahan warga, memang rutin dilakukan setiap hari tanpa harus ada permintaan dari RT atau warga setempat.

“Kita setiap hari muter dari satu RT ke RT selanjutnya, melakukan bersih-bersih lingkungan. Kebetulan kita dapat di wilayah Pejaten Timur di RW 006 yang terdiri dari 16 RT. Ini beberapa RT sudah banyak yang minta gotnya dibersihkan, mengingat cuaca yang di awal bulan Desember cukup ekstrem, kita kerjakan secara bertahap,” ucapnya.

Romli juga mengatakan, sebenarnya sudah dari dua bulan lalu Tim PPSU Kelurahan Pejaten Timur berkolaborasi dengan Tim Bina Marga Kecamatan Pasar Minggu membersihkan gorong-gorong yang terdapat di pinggir jalan raya, agar ketika hujan lebat air tidak menggenang di jalanan.

“Untuk jalan raya hampir semua lubangnya kita sudah bersihkan, dan tugas kita sekarang kembali ke lingkungan perumahan warga. Kita mulai dari jam 07.30 selesai jam 15.00 WIB. Kebetulan ini lagi istirahat, eh itu ibu depan rumah minta tolong pohon jambunya dipotong habis, sudah menjadi tugas kita, ya kita kerjakan,” katanya lagi.

Lihat juga...