Tips Sehat Ibu Hamil, Tetap Rutin Olahraga Ringan

Editor: Makmun Hidayat

JAKARTA — Saat ini ibu hamil sudah jauh lebih nyaman untuk memeriksakan kandungannya. Selain itu, ibu hamil juga dianjurkan tetap rutin menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga meski masih dalam masa pandemi.

“Harus tetap berolahraga ringan, seperti jalan kaki 15-30 menit. Kalau masih takut ke luar, ya bisa dilakukan di dalam rumah,” ujar Bidan Kurnia saat ditemui di Rumah Prakteknya, Jumat (25/12/2020) di Jakarta Timur.

Selain berolahraga, Bidan Kurnia juga menyarankan, ibu hamil juga dituntut untuk lebih sering meminum air mineral minimal 3 liter dalam sehari.

“Biasanya banyak pasien saya yang beralasan ngga sering minum karena masih banyak kerjaan, ngga sempet dan sebagainya. Nah sekarang mumpung lagi di rumah jadi ngga ada alasan lagi untuk tidak minum sebanyak-banyaknya. Dan satu lagi, jangan juga nahan-nahan buang air kecil,” tukasnya.

Lebih lanjut, Bidan Kurnia menekankan agar ibu hamil tidak menunda pemeriksaan kandungannya saat telah mengalami lemas, mual dan muntah, mengalami tekanan darah tinggi dengan gejala pusing, nyeri kepala, sesak nafas, dan kejang, serta mengalami pendarahan.

“Kalau kehamilan di fase trimester (tiga bulan) pertama mengalami kontraksi selama lebih dari 15 menit, maka wajib segera diperiksa. Kemudian, kalau usai kandungan sudah trimester ketiga mengalami mulas yang semakin sering, keluar lendir darah, lendir air, dan gerakan janin berkurang, maka wajib segera diperiksa. Karena gejala semacam itu harus ditangani segera,” jelas Bidan Kurnia.

Sementara itu, Renata, salah satu pasien ibu hamil yang sudah memasuki usia kandungan trimester ketiga mengaku sempat khawatir memeriksa kandungannya lantaran wabah Covid-19.

“Ini kehamilan kedua saya. Sempat tiga bulan ngga periksa kandungan sama sekali karena takut corona. Alhamdulillah sekarang bisa lebih berani dan nyaman kalau periksa,” terangnya saat ditemui di Rumah Praktek Bidan Kurnia.

Renata juga menyebut sempat kesulitan berolahraga karena seluruh ruang terbuka hijau di Jakarta ditutup sementara. Namun selama itu, ia memaksimalkan seluruh pekerjaanya sebagai ibu rumah tangga untuk sekaligus berolahraga.

“Seperti kata Bidan Kurnia, olahraga di rumah, itu yang saya lakukan. Ngepel, nyapu dan nyuci baju saya anggap sebagai olahraga, biar tubuh tetap bugar,” ungkap Renata.

Lihat juga...