Topang Ketahanan Pangan, Tanah Bumbu Optimalkan Pengembangan Minapadi

TANAH BUMBU – Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mengembangkan tanaman padi dan budidaya ikan secara bersamaan dalam satu lahan (minapadi), sebagai salah satu upaya mendukung program ketahanan pangan.

Plt Kepala Dinas Perikanan Tanah Bumbu, Yulian Herawati, di Batulicin Jumat, mengatakan, program percontohan minapadi dilaksanakan oleh Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Mina Mustika, Kecamatan Kusan Hulu yang beranggotakan 10 orang.

“Dinas Perikanan bersama Pokdakan Muna Mustika kini mulai panen perdana budidaya ikan bersama padi,” katanya.

Program minapadi tersebut dilakukan di atas lahan seluas lima hektare. Apabila program ini berjalan baik maka pada periode berikutnya para petani akan memperluas tanaman padi tersebut.

Kendala utama yang dihadapi adalah kekuatan tanggul penahan di sekeliling sawah. Karena kesiapan tanggul yang ada hanya untuk menanam padi sawah, sehingga diperlukan normalisasi tanggul yang sesuai.

Oleh karena itu, petani memerlukan uluran tangan, baik itu dari pemerintah sebagai pihak eksekutif, pihak legislatif sebagai penyalur aspirasi warga, maupun pihak lainnya.

Yulian berharap, hal ini dapat dilanjutkan dalam skala yang lebih besar dan dicontoh kelompok lain.

Lihat juga...