Lebaran CDN

Tottenham Dipecundangi Leicester di Kandang Sendiri

Bek Tottenham Hotspur, Toby Alderweireld (kiri), mencetak gol bunuh diri setelah gagal mengantisipasi bola sundulan penyerang Leicester City Jamie Vardy (kanan) dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Tottenham Hotspur, London, Inggris, Minggu (20/12/2020) – Foto Ant

JAKARTA – Tottenham Hotspur, tampak tak berkutik ketika dipecundangi Leicester 0-2 di kandangnya sendiri, Stadion Tottenham Hotspur, London, pada laga pekan ke-14 Liga Inggris pada Minggu (20/12/2020).

Sebuah eksekusi penalti dari Jamie Vardy, dan gol bunuh diri yang dicetak Toby Alderweireld, memaksa anak asuh Mourinho menelan dua kekalahan beruntun. Hasilnya, mereka melorot ke peringkat keempat klasemen dengan koleksi 25 poin. Sedangkan Leicester, membawa kemenangan tersebut untuk melompati Tottenham, dan naik ke posisi kedua klasemen dengan koleksi 27 poin. Posisinya tertinggal empat poin di bawah pemuncak Liverpool.

Seperti di pertandingan lain, menghadapi tim-tim agresif, strategi besutan Jose Mourinho membuat Tottenham tak banyak menciptakan peluang berarti. Tetapim yang membedakan kali ini mereka tak mampu memanfaatkan satu kesempatan-pun, untuk menjebol gawang lawan.

Tottenham hampir memimpin pada menit ke-15, ketika bola liar hasil tembakan Harry Kane berusaha dikirim Son Heung-min ke area tiang jauh. Sayang Tanguy Ndombele gagal menjangkaunya. Lantas pada menit ke-40, Son mengirim umpan sundulan untuk disambar oleh Giovani Lo Celso, tetapi tembakannya dihadang barisan pertahanan Leicester.

Semenit berselang, giliran Son mengirim sepak pojok yang berhasil disambut Harry Kane. Tetapi sundulannya melambung di atas mistar gawang, dan penyerang timnas Inggris itu gagal menambah koleksi 14 gol yang dicetaknya kontra Leicester dalam 10 pertemuan sebelumnya. Peluang-peluang terbuang itu belakangan harus dibayar mahal, ketika pada menit kedua injury time babak pertama, Serge Aurier menjatuhkan Wesley Fofana, dan wasit Craig Pawson yang berkonsultasi dengan VAR menghadiahkan tendangan penalti untuk Leicester.

Kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik oleh Vardy, yang dengan dingin mengirim eksekusi penaltinya ke tengah gawang, mengecoh kiper Hugo Lloris dan membawa tim tamu memimpin 1-0 saat turun minum. Gol itu membuat Vardy, menjadi satu-satunya pemain yang bisa mencetak gol di tiga stadion berbeda, dalam laga tandang kontra sebuah tim di Liga Inggris, setelah ia juga menjebol gawang Tottenham di White Hart Lane serta Wembley.

Memasuki babak kedua, Leicester dengan intensitas menyerangnya di tiga menit awal babak kedua, membuat James Maddison berhasil mengendalikan bola umpan jauh James Justin, sebelum menjebol gawang tuan rumah. Namun, gol itu dianulir, ketika Pawson berkonsultasi dengan VAR dan menyatakan Maddison beberapa inci offside di depan Aurier. Kendati demikian, pada menit ke-59, Leicester sukses menggandakan keunggulannya. Adalah Vardy, menyambut umpan silang Marc Albrighton, dan bola yang berusaha disapu Alderweireld malah diarahkannya ke dalam gawang Tottenham sendiri.

Tottenham hampir memperoleh gol balasan pada menit ke-71, ketika Son melakukan tendangan voli menyambut sepak pojok Gareth Bale. Tetapi kiper Kasper Schmeichel, melakukan penyelamatan gemilang untuk meredam bahaya tersebut. Itu menjadi satu-satunya peluang bagus tersisa bagi Tottenham, yang harus rela menutup laga dengan tangan hampa dikalahkan Leicester.

Tottenham bakal berusaha bangkit dari keterpurukan ini saat menyambangi markas Wolverhampton di pertandingan selanjutnya pada Minggu (27/12/2020) pekan depan. Sedangkan Leicester, sehari sebelumnya menjalani rangkaian laga Boxing Day dengan menjamu Manchester United di Stadion King Power. (Ant)

Lihat juga...