Tumbuhkan Pariwisata Lokal, Optimalkan Lahan Penampung Air

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Lahan penampung air di ujung Kompleks Puri Cendana, Desa Sumber Jaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, berbentuk danau. Memiliki potensi untuk dikembangkan jadi tempat agrowisata. Selama ini, lahan milik Perusahaan Jasa Tirta (PJT) II tersebut tidak terawat dan dibiarkan begitu saja.

Diketahui lahan penampung air akhir di Tambun Selatan, sebelum ke Kali Jambe yang berbatasan langsung dengan desa Jejalen, Tambun Utara, memiliki luas satu hektare lebih. Saat ini hanya ditumbuhi ilalang liar, dan banyak terjadi tanah longsor akibat tidak terawat.

“Ini adalah bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Kami dari Forum Komunikasi Masyarakat (FKM) Peduli Bekasi, sudah menyiapkan konsep dan desain untuk lahan penampung air milik PJT II itu,” ungkap Eko Setiawan, Ketua FKM Peduli Bekasi kepada Cendana News, Minggu (20/12/2020).

Eko Setiawan, Ketua FKM Peduli Bekasi, saat dijumpai Cendana News di Bekasi, Minggu (20/12/2020) – Foto: Muhammad Amin

Diakuinya, belum banyak yang mengetahui pengembangan pusat penampungan air di kompleks Puri Cendana itu. Tapi, Eko mengklaim, sudah mendapat dukungan dari Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bekasi. Karena pengembangan tersebut tujuannya untuk merawat lokasi yang selama ini menjadi kontrol banjir.

Menurutnya, konsep yang telah disiapkan, selain sebagai arena permainan air, juga  ada tempat pemancingan dan tempat kuliner dengan memanfaatkan fungsi tempat itu sendiri.

“FKM Peduli Bekasi sudah membuat usulan ke Fraksi PKS. Alhamdulillah mendapat dukungan. Sekarang tengah disiapkan konsep berupa gambar apalagi lokasinya juga terkesan dibiarkan,” tukasnya.

Pengembangan konsep agrowisata tambah Eko dengan harapan bisa membantu ekonomi warga desa di sekitarnya, di samping mencegah banjir dan juga pelestarian alam.

“Merawat lokasi penampungan air milik PJT II itu adalah tujuan utamanya. Karena selama ini, hanya dibiarkan begitu saja tanpa ada sentuhan apa pun,” tegas Eko.

Dikonfirmasi terpisah, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, M. Nuh, mengakui, mendukung FKM Peduli Bekasi dalam mengembangkan lahan penampungan akhir di ujung kompleks Puri Cendana yang selama ini hanya dibiarkan.

“Saya sudah minta agar segera dibuatkan konsep. Nanti hal lain biar diurus seperti meminta izin ke PJT II. Toh, itu untuk kebaikan lingkungan yang selama ini dibiarkan. Dampaknya selain pada lokasi itu sendiri terjaga, tentunya warga sekitar akan terbangun ekonominya, jika nanti banyak yang berkunjung,” jelasnya.

Diketahui, lahan tersebut selama ini kerap dijadikan tempat pemancingan bagi warga jika musim hujan. Hari biasa dijadikan tempat mangkal warga yang berprofesi mengojek.

Lihat juga...