Tumis Terung Kacang Panjang Ala Flores

MAUMERE — Masyarakat Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) familiar dengan masakan yang berbahan terung karena sayuran ini mudah diperoleh di pasar tradisional dan banyak ditanam di kebun warga.

Warga Kelurahan Wailiti, Kota Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, Maria Magdalena saat ditemui di rumahnya, Sabtu (19/12/2020). Foto : Ebed de Rosary

Saat musim hujan, sayuran terung banyak tumbuh di kebun dan kebanyakan ditanam sayur terung berwarna hijau dengan ukuran yang tidak terlalu panjang dan besar dibandingkan yang berwarna ungu.

“Tumis terung selalu dikonsumsi warga Pulau Flores termasuk di Kabupaten Sikka karena mudah diperoleh karena sering tumbuh di kebun warga,” kata Maria Magdalena, Warga Kelurahan Wailiti, Kota Maumere, Kabupaten Sikka, NTT saat ditemui di rumahnya, Sabtu (19/12/2020).

Maria menyebutkan, dirinya mencoba memadukan sayur terung dan kacang panjang yang juga banyak dijual petani di pasar tradisional terutama saat musim hujan tiba.

Dirinya katakan, pertama-tama siapkan bumbu-bumbunya yang juga mudah diperoleh seperti bawang merah, bawang putih, tomat, kemangi, lombok serta garam dan penyedap rasa secukupnya.

“Bersihkan dan kupas semua bumbu lalu iris ukuran kecil serta bersihkan terung dan kacang panjang lalu potong ukuran kecil sesuai selera masing-masing,” jelasnya.

Maria menambahkan, panaskan minyak di dalam wajan lalu masukan bumbu yang sudah diiris dan tumis hingga aromanya wangi lalu masukan sayur terung dan kacang panjang.

Dijelaskannya, aduk sayuran tersebut hingga merata lalu tambahkan sedikit air dan aduk sayuran hingga semua bumbu tercampur merata lalu ditutup agar sayuran cepat matang.

“Setelah sayuran hampir matang, masukan garam dan penyedap rasa sesuai selera dengan tetap mengaduk sayuran tersebut.Biarkan beberapa menit hingga matang lalu angkat dan hidangkan,” ucapnya.

Herlina Dua Lodan warga Kota Maumere mengaku, sayur terung oleh masyarakat di Pulau Flores lebih banyak diolah dengan cara ditumis dan ada beberapa orang yang memasaknya dengan menggunakan kecap.

Herlina menuturkan, sayur kacang panjang pun sebagian warga memasaknya dengan cara ditumis dengan menggunakan bumbu seadanya sehingga bila kedua sayuran ini dicampur tentu akan memberikan rasa berbeda.

“Masyarakat di Flores sudah terbiasa dengan masakan tumis terung dan kacang panjang. Memang harus ada banyak variasi masakan agar tidak membuat bosan orang yang menyantapnya,” ungkapnya.

Lihat juga...