Tundukan Basaksehir 4-3, Leipzig Rawat Asa ke-16 Besar Liga Champions

Pemain RB Leipzigm Alexander Sorloth, merayakan gol bersama rekan-rekan satu timnya saat melawan Istanbul Basaksehir F.K. di laga Liga Champions yang digelar di Stadion Basaksehir Fatih Terim, Istanbul, Turki, Rabu (2/12/2020) – Foto Ant

JAKARTA – RB Leipzig, merawat asa maju ke-16 besar, setelah mengakhiri petualangan Istanbul Basaksehir di Liga Champions Eropa, usai menang 4-3 pada laga Grup H yang digelar di Stadion Fatih Terim, Istanbul.

Dengan kemenangan tersebut, Leipzig sementara menduduki posisi kedua dengan sembilan angka. Posisinya di bawah Manchester United dan hanya kalah head to head. Leipzig langsung tampil menekan. Baru tiga menit laga berjalan, satu peluang berbahaya diciptakan Emil Forsberg, yang mendapat celah melepaskan sepakan di dalam kotak penalti. Nnamun sayang bola masih melebar.

Begitu pula dengan sundulan Nordi Mukiele, yang terlalu lemah sehingga mudah dimentahkan oleh Fehmi Gunok. Leipzig benar-benar menguasai pertandingan dalam 30 menit pertama, dan tuan rumah sulit mengembangkan permainan Gol pembuka Leipzig tercipta pada menit ke-26. Sepakan keras Marcel Sabitzer dari luar kotak penalti, mengenai kaki Yussuf Poulsen, yang kemudian mengubah arah bola dan membuat gerak kiper Fehmi Gunok mati.

Basaksehir, baru memperoleh peluang berbahayanya memasuki menit ke-37. Sepakan setengah voli Demba Ba di depan mulut gawang, masih menyentuh jari Gulacsi. Tak lama setelah peluang itu, Mukiele menggandakan keunggulan bagi Leipzig. Sepekan mendatarnya menerobos garis pertahanan tuan rumah, dan tak bisa dihalau Gunok.

Pada penghujung laga, Basaksehir memperkecil ketertinggalan. Umpan silang ke dalam kotak penalti, langsung disambar Kahveci untuk berbuah gol. Babak pertama berakhir 2-1. Babak kedua tetap di bawah kendali Leipzig. Dua peluang berbahaya tercipta, namun Fehmi Gunok tak kalah tampil apik. Dia menepis bola sontekan Sabitzer, tepat di depan mulut gawang. Serangan bergelombang Leipzig berbuah hasil pada menit 66. Daniel Olmo sukses meneruskan umpan Tasende di dalam kotak penalti.\

Lima menit berselang, Kahveci kembali memangkas ketertinggalan ketika sepakan melengkungnya ke pojok kiri gawang membuat kedudukan menjadi 3-2. Sabitzer hampir memperlebar jarak, sayang sontekannya dari sudut sempit membentur mistar gawang Basaksehir. Kahveci mencetak gol ketiganya pada menit ke-85. Sepakan melengkungnya dari bola mati membuat kiper Leipzig tak berkutik, skor 3-3 tercipta. Saat laga dirasa akan berakhir 3-3, pemain yang baru masuk Alexander Sorloth, memaksa tuan rumah harus tertunduk di markas sendiri. (Ant)

Lihat juga...