Tundukkan CFR Cluj, Young Boys Mendampingi Roma ke-32 Besar

Para pemain Young Boys, merayakan keberhasilan mereka lolos ke 32 besar Liga Europa, setelah mengalahkan CFR Cluj pada pertandingan Grup A yang dimainkan di Stadion Wankdorf, Berne, Kamis (10/12/2020) – Foto Ant

JAKARTA – Young Boys, menundukkan tamunya CFR Cluj dengan skor 2-1, pada pertandingan terakhir Grup A Liga Europa, Kamis (10/12/2020) waktu setempat atau Jumat (11/12/2020) dini hari WIB. Hasil yang membawa klub tersebut berhak mendampingi AS Roma ke putaran 32 besar.

Kemenangan itu membawa klub Swiss tersebut berhak menduduki posisi kedua klasemen akhir grup, dengan koleksi sepuluh poin. Sedangkan CFR tertahan di posisi ketiga dengan lima poin. Ketiga gol pada laga yang dimainkan di Stadion Wankdorf tersebut, tercipta setelah turun minum. Tim tamu CFR, memecah kebuntuan pada menit ke-84, diawali sepakan Mario Rondon, yang membentur tiang gawang. Kemudian, pemain pengganti Gabriel Debeljuh menjadi orang pertama yang bereaksi dan menyambar bola pantul.

Pada situasi itu, CFR menduduki posisi kedua, dengan keunggulan satu poin atas Young Boys. Namun pada menit ke-93, CFR dihukum penalti , setelah kiper mereka, Cristian Balgradean, melanggar Cedric Zesiger di kotak terlarang. Hal itu mengawali malapetaka bagi CFR. Kiper mereka Balgradean diusir keluar lapangan. Dan Jean Pierre Nsame, sukses mengeksekusi penalti saat ia menaklukkan kiper pengganti, Grzegorz Sandomierski.

Young Boys kemudian berbalik memimpin pada menit ke-96, sekaligus mengamankan langkah mereka ke fase gugur. Dari satu situasi serangan balik, Meschack Elia, yang tampil tidak egois, dan memilih mengoperkan bola kepada Gianluca Gaudino, yang sudah menanti di mulut gawang untuk meneruskannya menjadi gol penentu kemenangan. Menjelang laga usai, CFR harus kembali kehilangan pemain, akibat kartu merah, setelah Dokovic menyusul Balgradean untuk mandi lebih awal.

Sementara itu, CSKA Sofia, mendapatkan kemenangan hiburan untuk menutup kiprah mereka di Liga Europa musim ini. Menjamu AS Roma, klub Bulgaria itu menghantam lawannya dengan skor 3-1. Hasil itu tidak berpengaruh pada posisi kedua tim di klasemen. CSKA Sofia, tetap menghuni posisi juru kunci dengan lima poin, sedangkan Giallorossi tetap menjuarai klasemen grup.

Roma, yang menyimpan sejumlah pemain intinya, kebobolan saat laga baru berusia lima menit. Bradley Mazikou, mengirim umpan silang yang gagal disambar dengan sempurna oleh Younousse Sankhare. Bola kemudian jatuh ke tepi kotak penalti, dan Tiago Rodrigues dengan sigap melepaskan tembakan mendatar masuk ke gawang tim tamu.

Roma, baru berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-22. Borja Mayoral, mengirimkan umpan silang, dan dengan posisi punggung menghadap ke gawang, pemain muda Tommaso Milanese tersebut melepaskan tembakan ke sudut gawang untuk menjadi gol debutnya. CSKA, merestorasi keunggulannya pada menit ke-34. Bola sodoran Geferson, dapat diteruskan untuk masuk ke sudut gawang Roma oleh Ali Sowe, yang kemudian menggenapi dwigolnya pada menit ke-55.

Kapten Roma, Federico Fazio, mengirimkan operan ke belakang tanpa menengok, dan Sowe yang melihat adanya peluang, segera mengejar dan menyelesaikannya untuk memastikan CSKA menang 3-1. (Ant)

Lihat juga...