Uji Nyali Berwisata di Bukit Tampomas Banjarnegara

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BANJARNEGARA – Bagi para pecinta wisata ekstrem yang memacu adrenain, off road di Bukit Tampomas yang berlokasi di Desa Gentasari, Kecamatan Pagedongan, Kabupaten Banjarnegara ini patut dicoba. Dengan jalur yang cukup panjang naik turun bukit, pemandangan di sepanjang jalur juga sangat menarik untuk diabadikan.

Wisata ini tetap buka di tengah pandemi Covid-19, dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Untuk menjaga jarak, satu jeep hanya diisi tiga orang, terdiri dari satu sopir dan dua penumpang saja.

Memasuki kawasan Bukit Tampomas, wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan bukit menjulang yang bagian tengahnya terdapat danau. Di sekitar bukit juga terdapat beberapa gazebo untuk tempat duduk serta makan wisatawan.

Untuk jalur off road rute dimulai dari depan Bukit Tampomas, kemudian menuju ke kawasan Gunung Lanang, Wadas Tumpang sampai dengan ke kedawung di Desa Depok, Kecamatan Bawang. Jalur tersebut memakan waktu sekitar 2 jam sampai dengan finish.

Salah satu wisatawan di Bukit Tampomas, Bambang Agus mengatakan, ia sengaja datang dari luar kota untuk bisa menikmati off road di BukitTampomas. Sebab, dari informasi yang beredar, pemandangan di sepanjang jalur off road tersebut sangat indah dan meskipun melalui bukit-bukit, namun tetap ada nuansa dingin melalui tengah hutan.

Salah satu wisatawan di Bukit Tampomas Banjarnegara, Bambang Agus, dijumpai Minggu (6/12/2020). Foto: Hermiana E. Effendi

“Ini wisata off road yang komplit, tidak melulu hanya panas, tetapi ada jalur yang teduh di tengah rindangnya pepohonan juga. Dan jalurnya juga lumayan ekstrem, sangat cocok untuk yang suka tantangan,” katanya kepada Cendana News, Minggu (6/12/2020).

Menurut Bambang, sepanjang jalur off road yang dilalui, juga terdapat banyak tempat yang bagus untuk berfoto. Dan pemandu, akan menawarkan kepada wisatawan untuk berhenti di spot foto mana saja.

Pengunjung lainnya, Dimas mengatakan, jalur off road sebagian besar masih alami dari tanah dan bebatuan. Jalan yang menanjak, naik-turun menjadi sensasi tersendiri. Dan sepanjang rute perjalanan juga dilengkapi dengan pemandangan alam yang kental dengan nuansa pedesaan.

“Tadi kita juga melewati kampung-kampung, nuansa pedesaan sangat kental dengan berbagai aktivitas warga desa. Ini benar-benar paket lengkap untuk jalur off road,” tuturnya.

Selesai mengikuti off road, wisatawan kemudian dijamu dengan makan siang di area Bukit Tampomas. Makan siang dilakukan pada gazebo-gazebo di tepi danau.

Wisata Bukit Tampomas Banjarnegara ini belum lama dibuka, baru pada akhir tahun 2017 lalu dan untuk wisata off road baru dibuka pada pertengahan tahun 2019.

Lihat juga...