Upaya Unnes dan Undip Wujudkan Kampus Hijau Ramah Lingkungan

SEMARANG — Komitmen dan konsistensi Universitas Negeri Semarang (Unnes), dalam mengembangkan konservasi melalui pada tiga pilar, yakni nilai karakter, seni budaya serta sumber daya alam dan lingkungan, berhasil mengantarkan perguruan tinggi tersebut meraih peringkat 6 UI Green Metric World University Rankings 2020.

UI Green Metric, merupakan sistem ranking yang memberi penilaian dan apresiasi kepada perguruan tinggi, berdasarkan komitmen dan tindakan terkait penghijauan lingkungan dengan menerapkan kebijakan dan program ramah lingkungan berkelanjutan.

“Capaian ini, akan terus mendorong  Unnes dalam melakukan pembenahan untuk menjadi yang terbaik. Selain penghijauan yang sudah kita lakukan, termasuk kampus hijau dengan pemanfaatan listrik tenaga surya di gedung-gedung yang ada di lingkungan Unnes, saat ini kita juga akan berbenah pada sarana transportasi kampus, pengelolaan limbah dan sampah, dan pendidikan karakter mahasiswa,” papar Rektor Unnes, Prof Dr Fathur Rokhman MHum, di kampus Sekaran Gunungpati, Semarang, Kamis (10/12/2020).

Rektor Unnes, Prof Dr Fathur Rokhman MHum, di kampus Sekaran Gunungpati, Semarang, Kamis (10/12/2020). -Foto Arixc Ardana

Dijelaskan, hasil yang diraih tersebut bukan sekedar ranking atau pemeringkatan, tetapi merupakan komitmen Unnes sebagai Universitas Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional.

Sebelumnya, di tahun 2019 Unnes juga menduduki peringkat 6 nasional dan peringkat ke-71 dunia sebagai kampus berkelanjutan versi UI Green Metric World University Rankings.

“Ini membuktikan bahwa, Unnes mampu bersaing di tingkat dunia karena memiliki beragam keunggulan, termasuk dalam penghijauan serta terus berkembang dalam kategori lain,” tegasnya.

Capaian yang sama juga diraih Universitas Diponegoro (Undip). Kampus yang terletak di kawasan Tembalang Kota Semarang tersebut, berhasil meraih peringkat kedua terbaik nasional dalam UI Green Metric World University Rankings Awards 2020, sebagai The 2nd Most Sustainable University in Indonesia. Pada peringkat internasional, Undip berhasil menduduki peringkat ke-39 secara global dari 912 universitas di 84 negara yang termasuk dalam penilaian.

“Kita sudah memiliki program sustainable campus dengan kegiatan ramah lingkungan dan berkelanjutan. Utamanya, dengan berupaya memperluas kawasan terbuka hijau berupa pembuatan taman dan hutan kampus, efisiensi energi, penggunaan energi ramah lingkungan, konservasi air, transportasi hijau, serta pembangunan kampus dengan konsep green and smart building,” papar Rektor Undip, Prof Yos Johan Utama di kampus tersebut, Kamis (10/12/2020).

Ke depan, pihaknya pun berharap, Undip dapat berkontribusi lebih banyak untuk menjaga kelestarian, serta konservasi sumber daya alam. “Termasuk dalam pelaksanaan penelitian dan pengabdian masyarakat, juga kita dorong dalam upaya mewujudkan ramah lingkungan,” tandasnya.

Sementara, melalui tema ‘Universities Responsibility for Sustainable Development Goals and World’s Complex Challenges’, dengan fokus pada green campus and sustainability in universities, UI Green Metric World University Rankings Awards 2020 diharapkan dapat meningkatkan kepedulian semua pihak dalam jajaran institusi, agar lebih memperhatikan perubahan iklim global, transportasi hijau, konservasi energi dan air, sampai daur ulang limbah.

Lihat juga...