Usai Pilkada, Bupati Purbalingga Positif Covid-19

Editor: Makmun Hidayat

PURBALINGGA — Pasca-pelaksanaan pilkada, petahana Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi mengumumkan dirinya terkonfirmasi positif Covid-19. Hasil swab test tersebut diterimanya pada Minggu (13/12/2020) sore.

Tiwi, sapaan Dyah Hayuning Pratiwi menjelaskan, ia berinisiatif melakukan swab test mandiri kemarin, setelah salah satu staf pribadinya dinyatakan positif Covid-19. Dan hasilnya baru diterima hari ini, yaitu dinyatakan positif.

“Hasil swab test saya dinyatakan positif, tetapi Alhamdulillah, kondisi kesehatan saya baik-baik saja, meskipun ada gejala ringan. Sehingga mulai hari ini saya melakukan isolasi mandiri di rumah dinas,” jelasnya.

Tiwi meminta kepada seluruh masyarakat Purbalingga yang dalam satu minggu terakhir melakukan kontak dekat dengan dirinya, untuk segera menghubungi Dinas Kesehatan ataupun puskesmas setempat, supaya bisa segera dilakukan langkah-langkah pencegahan sesuai dengan prosedur.

“Aktivitas kedinasan tetap berjalan seperti biasa dan saya menjalankan tugas-tugas dari rumah secara virtual,” kata Tiwi.

Tiwi yang baru satu minggu kembali menjabat sebagai bupati Purbalingga ini menyampaikan, bahwa peningkatan kasus positif Covid-19 sudah tidak bisa dianggap remeh lagi dan bisa menjangkau siapa saja, termasuk dirinya. Sehingga ia meminta kepada masyarakat Kabupaten Purbalingga untuk meningkatkan kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan, yaitu selalu menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun sesering mungkin dan menjaga jarak.

Sebelum dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19, Tiwi baru saja menggelar acara open house di rumah dinas mulai hari Kamis (10/12/2020) lalu. Dalam acara open house, banyak kalangan yang hadir mulai dari para pejabat di lingkungan Pemkab Purbalingga, tim sukses Tiwi dalam pilkada kemarin hingga kalangan pengusaha dan masyarakat umum.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purbalingga, drg Hanung Wikantono mengatakan, sampai saat ini penyebaran Covid-19 di wilayah Purbalingga sudah merambah hampir ke seluruh kecamatan. Mulai dari Kecamatan Karangjambu, Karangreja, Bobotsari, Karangmoncol, Rembang, Purbalingga dan lain-lain. Kasus positif paling banyak di Kecamatan Purbalingga yaitu mencapai 173 kasus positif, kemudian di Kecamatan Padamara ada 152 positif, Kecamatan Kalimanah 121 orang positif, Kecamatan  Bojongsari 84 orang positif dan lain-lain.

Dari pendataan terakhir jumlah kasus terkonfirmasi positif yang masih menjalani perawatan di rumah sakit ada 834 orang.  Sedangkan yang sudah dinyatakan sembuh ada 425 orang dan yang meninggal dunia 47 orang.

Kabupaten Purbalingga sendiri baru saja usai melaksanakan pilkada serentak, sehingga banyak terjadi aktivitas yang melibatkan orang dalam jumlah banyak.

Lihat juga...