Vaksinasi COVID-19 di Italia Diharapkan Dimulai Januari 2021

Seorang pria, berjalan melewati Galleria Umberto yang kosong, saat penyebaran penyakit virus corona (COVID-19) terus berlanjut, di Turin, Italia, Jumat (6/11/2020) – Foto Dok Ant

ROMA – Italia, akan meluncurkan program vaksinasi virus corona gratis yang sangat besar awal tahun depan. Dan pemerintah setempat saat ini sedang menyiapkan pembatasan, untuk menghindari lonjakan infeksi selama liburan musim dingin.

“Kami akhirnya melihat daratan, kami memiliki rute yang jelas ke pelabuhan yang aman. Tampaknya mulai Januari, kami akan mendapatkan vaksin pertama,” ujar Menteri Kesehatan Italia, Roberto Speranza mengatakan, kepada senat majelis tinggi, Rabu (2/12/2020).

Speranza mengatakan, pemerintah memiliki opsi untuk membeli 202 juta suntikan vaksin COVID-19. Pembelian dilakukan dari berbagai perusahaan, dan sedang menunggu izin penggunaannya dari otoritas obat Eropa. “Distribusi vaksin tergantung pada kontrak yang ditandatangani oleh Komisi Eropa, tunduk pada prosedur otorisasi yang belum sepenuhnya pasti,” jelas Speranza kepada anggota parlemen.

Pada Rabu (2/12/2020), Inggris menjadi negara pertama di Barat yang menyetujui vaksin COVID-19. Izin diberikan, setelah regulator obatnya memberikan persetujuan penggunaan darurat untuk vaksin Pfizer-BioNTechm yang akan tersedia mulai minggu depan.

Lihat juga...