Wamenlu AS Kecewa Negosiasi Denuklirisasi Korea Utara, Terhenti

SEOUL – Korea Utara telah menyia-nyiakan kesempatan untuk secara fundamental meningkatkan hubungannya dengan Amerika Serikat selama kepresidenan Donald Trump, kata utusan utama Washington untuk Korea Utara Stephen Biegun, Kamis (10/12/2020).

Biegun menambahkan, dia akan mendesak penggantinya untuk melanjutkan keterlibatan AS dengan Korea Utara pada masa pemerintahan Joe Biden.

Berbicara kepada sebuah lembaga pemikir di Seoul selama kunjungan untuk bertemu dengan para pejabat keamanan Korea Selatan, Wakil Menteri Luar Negeri AS, Stephen Biegun, mengakui bahwa dia kecewa bahwa negosiasi denuklirisasi Korea Utara terhenti dan tidak ada kemajuan yang lebih pesat selama ia memimpin upaya tersebut.

“Sayangnya, banyak kesempatan telah disia-siakan oleh rekan-rekan Korea Utara selama dua tahun terakhir. Mereka terlalu sering mengabdikan diri untuk mencari rintangan negosiasi, alih-alih merebut peluang untuk terlibat,” kata Biegun, berdasarkan isi sambutan yang telah disiapkannya.

Namun, dia membela keputusan Trump untuk fokus pada diplomasi tingkat atas dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, dan menghindari langkah-langkah kecil untuk mencari kesepakatan besar, di mana Korea Utara akan menyerahkan senjata nuklirnya dan kedua belah pihak akan menormalisasi hubungan.

“Visi ini sangat berani, dan membuat tidak nyaman banyak pendukung inkrementalisme,” ujar Biegun.

Lihat juga...