Warga Akui Manfaat Pemeriksaan Kesehatan Lansia Koperasi Tamanmartani Sejahtera

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Sejumlah warga Desa Cerdas Mandiri Lestari Tamanmartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta, mengakui, banyak mendapatkan manfaat dengan adanya program pemeriksaan kesehatan keliling yang dijalankan Koperasi Tamanmartani Sejahtera terhadap para lansia selama ini.

Selain bisa memantau atau mengontrol perkembangan kesehatan para lansia yang termasuk sebagai kelompok masyarakat rentan, adanya pemeriksaan tersebut juga dinilai sangat memudahkan para keluarga lansia, khususnya mereka yang masuk dalam kategori warga kurang mampu.

Seperti dirasakan salah seorang warga Tukini (55) asal Dusun Taman Pabrik, Tamanmartani. Memiliki seorang anggota keluarga lansia berusia 80 tahun, Tukini mengaku harus memberikan perhatian ekstra setiap harinya. Terlebih ibunya yakni Mbah Trisno, sejak beberapa bulan terakhir mengalami sakit cukup parah sehingga hanya bisa berbaring di tempat tidur.

“Dulu awalnya jatuh, lalu tidak bisa bergerak karena stoke. Sempat dibawa ke rumah sakit sampai beberapa kali. Tapi lalu dibawa pulang ke rumah. Setiap hari saya yang mengurusi. Mulai dari menyuapi makan, memandikan, mengganti pempers dan sebagainya. Karena memang sudah tidak bisa apa-apa,” katanya, Selasa (1/12/2020).

Meski sebenarnya harus rutin kontrol ke puskemas, Tukini mengaku tak bisa melakukannya karena keterbatasan waktu dan tenaga. Selain tidak memiliki kendaraan untuk mengangkut Mbah Trisno, Tukini juga mengaku sudah kerepotan membagi waktu untuk mengurus cucunya yang masih balita.

“Memang sebenarnya harus rutin diperiksakan ke puskemas. Tapi karena repot ya tidak bisa. Karena selain mengurusi Mbah Trisno, saya juga punya tanggungan mengurus cucu. Beruntung koperasi ada program pemeriksaan kesehatan keliling ini. Jadi sangat membantu. Terima kasih sekali,” katanya.

Sebagamana diketahui, Koperasi Tamanmartani Sejahtera yang merupakan koperasi binaan Yayasan Damandiri selama ini selalu aktif melakukan pemberdayaan di bidang kesehatan. Salah satu program di bidang kesehatan yang dijalankan adalah melakukan pemeriksaan rutin terhadap warga desa, khususnya masyarakat rentan seperti lansia dan balita.

Bekerjasama dengan Puskesmas, koperasi menggelar pemeriksaan keliling bagi para lansia di sejumlah dusun. Selain mengecek kondisi kesehatan lansia, seperti tensi atau tekanan darah, kolesterol, hingga gula darah, petugas juga memberikan bimbingan atau konsultasi kesehatan gratis bagi warga.

Lihat juga...