Warga Diimbau tak Berwisata ke Lokasi Bencana Gunung Semeru

LUMAJANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, mengimbau warga tidak berwisata atau mengunjungi lokasi bencana aliran lahar Gunung Semeru, khususnya di sepanjang Curah Koboan dan sekitarnya, karena berbahaya.

“Kami imbau kepada masyarakat untuk tidak berwisata atau mengunjungi lokasi bencana, karena masih ada potensi luncuran awan panas maupun lahar dingin yang dapat membahayakan keselamatan warga,” kata Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo, di Lumajang, Jumat (11/12/2020).

Ia mengatakan, lokasi bencana di Curah Koboan dinilai masih rawan karena ada sisa-sisa material Gunung Semeru, sehingga bila ada hujan turun berpotensi terjadi lahar dingin.

“Sepanjang Curah Koboan sangat rawan, karena masih ada sisa material luncuran awan panas, dan ketika hujan turun, berpotensi jadi lahar dingin dan terjadi letupan yang berbahaya bagi keselamatan warga,” tuturnya.

Untuk mengantisipasi adanya warga yang berkunjung ke lokasi bencana, BPBD telah menurunkan empat personel di setiap titik penjagaan bersama aparat kepolisian dan TNI.

Lihat juga...