Warung Cerdas Wanareja Butuh Tambahan Modal

Editor: Makmun Hidayat

CILACAP — Warung Cerdas Wanareja, Kabupaten Cilacap mengalami perkembangan cukup pesat selama tahun terakhir, meskipun sedikit terkendala pandemi Covid-19. Karenanya, warung binaan Yayasan Damandiri ini mengharapkan adanya tambahan modal, supaya bisa memenuhi kebutuhan stok barang.

Manager KUD Utama yang mengelola Warung Cerdas di Kecamatan Wanareja, Sudaryanto mengatakan, selama ini modal yang diputar dalam pengoperasian warung cerdas sekitar Rp 1 miliar. Namun, dengan adanya peningkatan omzet, maka stok barang-barang juga harus ditambah.

“Kita sering mengalami kekurangan stok barang karena keterbatasan modal. Sebab, untuk suplayer beberapa produk barang jangka waktu pengirimannya ada yang dua minggu sekali, ada juga yang seminggu sekali. Sehingga untuk satu kali pengiriman, kita harus mengambil barang dalam jumlah banyak sekaligus,” jelasnya kepada Cendana News, Rabu (23/12/2020).

Pengelola Warung Cerdas Wanareja Kabupaten Cilacap, Sudaryanto di kantornya, Rabu (23/12/2020). -Foto: Hermiana E. Effendi

Terkait penambahan modal tersebut, pihak Warung Cerdas sudah mengajukan kepada Yayasan Damandiri bulan Januari 2020 lalu. Namun, sampai dengan akhir tahun ini belum ada realisasi, kemungkinan karena situasi pandemi Covid-19 yang berkepanjangan.

Lihat juga...