Lebaran CDN

Wisuda di Tengah Pandemi, Andre Datang Menggunakan Sepeda

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Saat hampir semua mahasiswa datang menggunakan mobil pribadi bercat kinclong, Andre Prasetyo, justru datang memasuki kompleks kampus pusat Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) dengan menggunakan sepeda onthel tua kesayangannya.

Dengan bangga, ia nampak mengenakan pakaian toga, untuk bersiap melaksanakan prosesi wisuda mahasiswa yang digelar dengan sistem “drive thru” oleh pihak kampus UMBY selama 3 hari, sejak hari kemarin.

Gelar sarjana strata satu yang diidam-idamkannya kini resmi diraihnya, meski sempat tertunda karena pandemi Covid-19. Membonceng seorang temannya, ia nampak mengikuti setiap prosesi wisuda yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Mulai dari pintu masuk utama, ia sudah harus disemprot cairan disinfektan, kemudian menuju rektorat tempat wisuda juga harus menjaga jarak dengan wisudawan lainnya. Selain wajib bersarung tangan, saat hendak masuk gedung, ia juga harus dicek suhu, dan diberi face shield. Tak ada jabat tangan sama sekali. Tali di topi toga juga hanya digeser dengan jarak aman oleh Rektor UMBY, Dr. Alimatus Sahrah, M.Si, MM.

Mahasiswa Program studi Agroteknologi Fakultas Agroindustri ini mengaku, sengaja memakai sepeda onthel tua, agar terlihat beda dengan kebanyakan mahasiswa lainnya yang menggunakan sepeda motor bahkan mobil. Terlebih hal itu ia lakukan di momen istimewa seperti wisuda.

“Biar terlihat unik saja, beda sama yang lain,” kata Robi dengan mulut tertutup masker, dan memakai face shield.

“Saya memakai sepeda karena saya paham dengan situasi pandemi ini, supaya ramah lingkungan dan tidak membuat macet kendaraan. Serta menghindari keramaian berkumpul, dan yang paling penting berhubung saya jurusan Agroteknologi/pertanian, sepeda juga bisa berhubungan dengan pertanian,” tuturnya penuh semangat.

Selain Andre dengan sepeda onthelnya, mahasiswa lainnya, Lucas Purba dari jurusan Peternakan juga nampak menghadiri acara wisuda mahasiswa dengan mengendarai colt bak terbuka berisi kandang ayam yang biasa ia pakai untuk mencari nafkah dan membiayai biaya perkuliahan.

Lucas Purba, mahasiswa jurusan Peternakan Universitas Mercu Buana, Yogyakarta, menghadiri acara wisuda mahasiswa dengan mengendarai colt bak terbuka berisi kandang ayam yang biasa ia pakai untuk mencari nafkah dan membiayai perkuliahannya, Kamis (17/12/2020) – Foto: Jatmika H Kusmargana

Ia mengaku bangga dengan usahanya itu lantaran bisa mengantarkannya menjadi sarjana.

“Mobil bak terbuka dengan kandang ayam inilah yang mengantarkan saya sampai bisa menjadi sarjana. Karena itulah saya memakainya untuk menghadiri wisuda,” katanya.

Terpisah, Kepala Humas UMBY, Widarta, SE, MM menyatakan, wisuda secara drive thru ini memang baru pertama kali dilakukan oleh UMBY. Sistem wisuda seperti ini dipilih sebagai upaya menghindari penularan dan penyebaran Covid-19.

“Kegiatan wisuda dilaksanakan tiga hari berturut-turut, untuk mengindari terjadinya kerumuman. Karena wisuda kali ini diikuti sekitar 1128 mahasiswa mulai dari tingkat sarjana strata satu hingga pascasarjana. Karena itu semuanya diwajibkan mengikuti protokol kesehatan tanpa terkecuali,” pungkasnya.

Lihat juga...