14.060 Vaksin Covid-19 Sudah Tiba di Bekasi

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI — Sebanyak 14.060 vaksin Covid-19, sudah tiba Kota Bekasi, Jawa Barat, diterima langsung oleh Dinas Kesehatan. Vaksin tersebut langsung disimpan di Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Instalasi Farmasi di komplek Perum Bumyagara Jalan Bayan 1 No 1 Kel Mustika Jaya Kecamatan Mustika Jaya, Selasa (12/1/2021).

“Alhamdulillah sudah terdroping sesuai direncanakan Pemerintah Pusat sebanyak 14.060,” kata Tanti Rohilawati, kepala Dinas Kesehatan, Kota Bekasi, usai menerima langsung penyerahan tadi siang.

Dikatakan setelah Vaksin Covid-19 diterima langsung, tahap selanjutnya dinas kesehatan sebagai pelaksana perlu melakukan persiapan, meliputi perangkat termasuk keperluan penunjang vaksinasi lainnya.

Menurutnya, vaksin tahap pertama akan diberikan kepada tenaga kesehatan yang digelar dalam waktu dekat. Ia berharap doa semua pihak agar bisa terealisasi dengan baik dalam upaya menekan angka paparan Covid-19 di Kota Patriot.

“Untuk data tenaga kesehatan di wilayah Kota Bekasi ada 25.000 Nakes. Tahap awal vaksin sebanyak14.060 vaksin akan diberi dahulu kepada mereka,” ungkap Tanti.

Namun demikian dia menegaskan akan ada semacam uji coba ke sepuluh orang lebih dulu yang dianggap sehat memenuhi standar petunjuk yang ditetapkan dengan dilakukan tes kesehatan, PCR dan lainnya sebelum di vaksin.

“Jika kondisinya sudah sehat, baru di eksekusi penyuntikan. Kemudian kita akan observasi dulu sekitar satu hari untuk melihat kondisi 10 orang yang disuntik ini,” katanya mengaku belum memastikan siapa saja sepuluh orang tersebut.

Lebih lanjut dikatakan untuk vaksin tahap dua dari informasi bahwa akan dikirim tidak lama setelah vaksin pertama diterima Kota Bekasi. Tapi itu kembali ke pemerintah pusat. Vaksin ini untuk pelaksanaan vaksinasi tahap pertama dan sesuai petunjuk tenknis Kementerian Kesehatan diproritaskan bagi tenaga kesehatan.

“Vaksin sekarang ini disimpan di tempat khusus agar suhunya tetap terjaga,” tandasnya.

Pemkot Bekasi melalui Dinkes Kota Bekasi telah menyiapkan 120 lokasi layanan vaksinasi terdiri dari 46 Rumah Sakit, 42 Puskesmas, dan 32 Klinik Kesehatan.

Selain itu sudah memberikan pembekalan bagi vaksinator atau pelaksana vaksinasi sebayak 120 vaksinator sesuai jumlah lokasi layanan vaksinasi dan sudah disiapkan adanya Tim ahli kesehatan untuk menindaklanjuti kendala atau ketidaknormalan pada pelaksanaan vaksinasi.

Lihat juga...