2.062 Nakes Kapuas Prioritas Vaksinasi Covid-19

KUALA KAPUAS — Sebanyak 2.062 tenaga kesehatan di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menjadi prioritas dalam program vaksinasi COVID-19 yang dijadwalkan mulai 13 Januari 2021.

“Berdasarkan data dari Kemenkes, jumlah tenaga kesehatan di Kapuas yang akan divaksin sebanyak 2.062 orang. Jumlah itu termasuk tenaga kesehatan yang bekerja di fasilitas layanan kesehatan, tenaga kesehatan TNI dan Polri,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Apendi melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr Tri Setya Utami di Kuala Kapuas, Kamis.

Ia mengatakan vaksin COVID-19 direncanakan tiba di Kabupaten Kapuas pada 8 Januari 2021. Terkait berapa jumlah vaksin yang akan dikirim di daerah itu, Tri mengaku belum mengetahui secara pasti.

“Saya belum dapat informasi karena kan harus disesuaikan juga dengan kapasitas kita, khususnya tempat untuk penyimpanan vaksin,” katanya.

Untuk persiapan pelaksanaan vaksinasi, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, sehubungan dengan penyuntikan perdana vaksin COVID-19 di daerah setempat.

Pemerintah daerah setempat melalui Dinas Kesehatan siap menerima kedatangan vaksin COVID-19. Bahkan, tempat untuk penyimpanan vaksin COVID-19 telah disiapkan.

“Untuk penyimpanan vaksin saya rasa tidak masalah, karena semua Puskesmas sudah memiliki sendiri tempat untuk penyimpanan vaksin,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga mempunyai gudang farmasi untuk penyimpanan vaksin yang berada di Jalan Trans Kalimantan, tepatnya di Desa Pulau Telo, Kecamatan Selat dan tenaga kesehatan yang akan bertugas melaksanakan vaksinasi juga telah disiapkan di Puskesmas masing-masing, tinggal diberikan pelatihan.

“Dalam waktu dekat Kementerian Kesehatan akan melaksanakan pelatihan secara intensif kepada seluruh tenaga vaksinator se-Indonesia yang dibagi beberapa gelombang dan kita juga akan diikutkan,” katanya.

Ia menambahkan tujuan vaksinasi sangat baik untuk pencegahan penyakit menular. Untuk itu, Dinas Kesehatan Kapuas berharap agar masyarakat dan para tokoh lintas sektor dapat mendukung program vaksinasi COVID-19 ini.

“Kami juga berharap masyarakat tidak serta merta mengambil sumber-sumber informasi yang tidak jelas atau hoax,” kata Tri Setya Utami. (Ant)

Lihat juga...