23 Desa di Jambi Kini Memiliki Jaringan Listrik Memadai

JAMBI – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Jambi pada tahun 2020 lalu telah selesai membangun jaringan listrik di 23 desa di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur, pada tahun 2021 PLN UP3 akan melakukan penyambungan listrik.

“Pembangunan jaringan listrik sudah rampung pada tahun 2020 lalu, tahun ini kita akan melakukan penyambungan listrik ke desa desa tersebut,” kata Manajer PT PLN UP3 Jambi, Hanfi Adrhean Abidin di Jambi, Kamis.

Pembangunan 23 jaringan listrik desa tersebut terbagi di dua kabupaten, yakni 19 Desa di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan empat desa di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Untuk di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, selain pembangunan jaringan yang sudah selesai, penyambungan listrik di empat desa tersebut juga sudah dilakukan.

Sementara di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dari 19 desa yang pembangunan jaringan listriknya sudah selesai, baru satu desa yang sudah dilakukan penyambungan listrik. Penyambungan listrik di desa tersebut saat ini masih dilakukan, Begitu pula pembangunan tower penyeberangan jaringan listrik 20 kilo volt yang menyeberangi Sungai Pengabuan.

“Satu tower sudah rampung seratus persen, satu tower lagi progresnya baru 50 persen,” kata Hanfi Adrhean Abidin.

Pembangunan jaringan di 23 desa tersebut dilengkapi dengan Jaringan Tegangan Menengah (JTM) 200,90 Kms dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) 237,80 Kms dengan jumlah gardu sebanyak 163 unit dengan kapasitas setiap gardu sebesar 8,2 Mva.

PLN UP3 Jambi menargetkan di tahun 2021 ini penyambungan listrik ke 18 desa yang sudah dibangun jaringannya tersebut dapat dilaksanakan. Jika penyambungan listrik sudah dapat dilaksanakan maka potensi pelanggan di 23 desa tersebut mencapai 8.326 kepala keluarga. (Ant)

Lihat juga...