4.960 Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Maumere

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

MAUMERE – Sebanyak 4.960 Vaksin Sinovac untuk vaksinasi penyakit Corona telah tiba di Bandara Frans Seda Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), sekitar pukul 08.30 WITA menggunakan pesawat Wings Air IW 1821.

Vaksin ini  diprioritaskan bagi tenaga kesehatan terutama mereka yang bertugas dalam menangani pasien Covid-19 di RS TC Hillers Maumere dan beberapa fasilitas kesehatan lainnya serta 10 orang pejabat publik.

“Kabupaten Sikka mendapatkan penambahan sebanyak 160 dosis vaksin Sinovac sehingga kita mendapatkan sebanyak 4.960 dosis vaksin,” sebut Juru Bicara Bidang Kesehatan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sikka, NTT,  dr. Clara Yosephine Francis, MPH, saat ditemui di gudang penyimpanan di Kelurahan Kota Uneng, Maumere, Kamis (28/1/2021).

Juru Bicara Bidang Kesehatan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sikka, NTT, dr. Clara Yosephine Francis, MPH saat ditemui di gudang penyimpanan di Kelurahan Kota Uneng, Maumere, Kamis (28/1/2021). Foto: Ebed de Rosary

Dokter Clara mengatakan, direncanakan pelaksanaan vaksinasi berlangsung bulan Februari 2021 maka pihaknya terus melakukan persiapaan agar prosesnya berjalan lancar.

“Bulan Februari nanti rencananya sudah harus dimulai pelaksanaan vaksinasi, dan sampai saat ini persiapan di 18 Puskesmas yang menjadi pusat vaksinasi telah mencapai 90-an persen,” ungkapnya.

Clara menambahkan, untuk tahap pertama direncanakan melakukan vaksinasi terhadap para tenaga kesehatan yang bekerja di fasilitas kesehatan milik pemerintah maupun swasta terlebih dahulu.

Sementara itu Kajari Sikka, Fahmi, SH, saat ditanyai Cendana News tentang kesiapannya untuk dilakukan vaksin mengaku, telah siap untuk divaksin. Apabila dalam tahapan pemeriksaan kesehatan dirinya dinyatakan layak mendapatkan vaksin.

Fahmi mengaku, tidak ada persiapan khusus sebelum dilakukan vaksin selain tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan secara ketat protokol kesehatan agar bisa terhindar dari serangan virus Corona.

“Saya telah siap dilakukan vaksin sesuai jadwwal yang ditentukan Satgas Covid-19 Kabupaten Sikka. Kita berharap agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan mengingat kasus transmisi lokal semakin meningkat,” ungkapnya.

Setelah vaksin tiba di Bandara Frans Seda Maumere, kotak vaksin diangkut menggunakan kendaraan menuju Gudang Penyimpanan Farmasi milik Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka.

Selama perjalanan dari bandara menuju gudang penyimpanan di Kelurahan Kota Uneng, Maumere, tampak mobil pengangkut vaksin dikawal secara ketat oleh petugas Polres Sikka dan Brimob Maumere dengan mengerahkan beberapa mobil untuk melakukan pengawalan.

Setelah tiba di gudang penyimpanan, vaksin dipindahkan ke dalam lemari penyimpanan yang sudah dipersiapkan sesuai dengan standar yang ditetapkan Kementerian Kesehatan, sebelum nantinya dipergunakan.

Lihat juga...