50 Siswa SMPN 39 Bekasi Mendapat Bantuan Telepon Genggam

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI — Sebanyak 50 mustahiq siswa SMP Negeri 39, Kota Bekasi, Jawa Barat, mendapat bantuan telepon genggam atau handphone  (HP) dan Kouta internet dari BAZNAS Asabri Persero dalam membantu memudahkan siswa dalam mengikuti penerapan pelajaran jarak jauh (PJJ) di tengah Pandemi Covid-19.

Irawati, guru Pendidikan Agama SMPN 39 saat menjadi MC, Kamis (21/1/2021). Foto: Muhammad Amin

Selama ini, banyak siswa sekolah setempat dalam proses PJJ baik siswa dan orangtua yang merasa kesulitan karena keterbatasan telepon genggam dan kekurangan ekonomi dalam pengadaan kuota internetnya.

“Ini adalah bentuk kepedulian sekolah, karena selama ini banyak keluhan dari siswa ataupun wali murid tidak maksimal mengikuti PJJ karena fasilitas tidak memadai,” ujar Irawati, Guru Pendidikan Agama di SMPN 39 Kota Bekasi, kepada Cendana News, Kamis (21/1/2021).

Dikatakan, bantuan Hp tersebut murni kepedulian sekolah dan mengajukan ke Baznas PT. Asabri Persero untuk bisa mendapat bantuan. Sekolah tentunya lebih dulu melakukan pendataan siswa yang tidak mampu seperti yatim, piatu dan dhuafa.

Data yang diajukan sekolah kemudian dilakukan klarifikasi oleh Baznas dengan mengkroscek langsung ke siswa dan orang tua terkait pengajuan yang diberikan sekolah.

“Baznas sudah melakukan pengecekan ke rumah bertemu langsung dengan siswa dan orang tua untuk meminta data, klarifikasi dan lainnya sesuai ajuan sekolah. Proses pengajuannya ada tiga mingguan, bantuan itu dari perusahaan yang digandeng Baznas”ungkap Irawati.

Adapun bantuan Hp itu sendiri untuk tahap pertama dialokasi kepada siswa dari kelas VII dan VIII. Sementara untuk kelas IX masih dalam tahap proses yang diajukan untuk 30 pelajar lagi.

Menurutnya, ke-30 pelajar kelas IX tersebut sangat membutuhkan karena berkaitan dengan proses pembelajaran di akhir tahun. Sekolah imbuhnya tentu tidak mau salah komunikasi dengan alat peralatan pendukung yang terbatas.

“30 pelajar kelas IX yang diajukan tersebut, sama memiliki kendala terkait dengan sarana pendukung, seperti handphone,” tukasnya berharap bisa memberi solusi untuk mengurangi kesulitan dimasa PJJ.

Pembagian dengan mematuhi Protokol Kesehatan Pandemi Covid 19 , Acara ceremonial penyerahan 50 smartphone seharga 1,5 jt per unitnya dan kuota internet di sampaikan dari Baznas.

Lihat juga...