Alpukat Mentega, Bahan Kuliner Lembut untuk Membuat Es Putar

Editor: Mahadeva

Buah alpukat atau Persea Americana yang telah matang jadi bahan kuliner minuman jus,es krim atau cukup dibuat menjadi salad, Sabtu (23/1/2021) - Foto Henk Widi

LAMPUNG – Buah alpukat atau Persea americana, kerap menjadi bahan kuliner pilihan karena kelezatannya. Sebagian besar, digunakan sebagai bahan minuman seperti es putar.

Sukirman, penjual es putar Yahut yang ada di Jalan Yos Sudarso,Teluk Betung, Bandar Lampung menyebut, ia menggunakan alpukat sebagai perasa alami. Alpukat, dimanfaatkan untuk sajian kuliner berbentuk es krim yang manis dan lembut. Kuliner, yang sudah ada sejak puluhan tahun silam tersebut merupakan minuman populer di masyarakat.

Buah, yang kerap disukai untuk pembuatan es putar meliputi durian, mangga, sirsak dan sawo. Saat melimpah, buah alpukat jenis mentega dipilih karena bertekstur lembut dan gurih. Bahan pembuatan es putar Sukirman adalah, santan kelapa kental, garam halus, tepung maizena, buah alpukat, daun pandan, kelapa muda. Bahan berupa santan, gula pasir, garam, daun pandan, akan direbus hingga matang.

Selanjutnya, diberi tepung maizena, kelapa muda, santan rebus dan buah alpukat. Adonan dimasukan dalam freezer lebih kurang tiga jam. “Buah alpukat dicampurkan setelah diblender hingga halus, sehingga bisa menyatu sempurna bersama bahan lain, setelah di-freezer selama tiga jam selanjutnya akan di-mixer dengan tingkat kecepatan sedang, untuk menghaluskan es yang telah beku,” terang Sukirman, saat ditemui Cendana News, Sabtu (23/1/2021)

Pemberian buah alpukat yang dihaluskan, takarannya lebih banyak agar sensasi rasa lebih dominan.

Samiran, penjual es putar dengan perasa alpukat mentega, Sabtu (23/1/2021) – foto Henk Widi

Setelah es putar dihaluskan, disimpan di dalam wadah khusus. Wadah tersebut berisi es putar, yang bisa menghasilkan 200 porsi es putar. Es putar rasa alpukat, dijual segelas seharga Rp5.000. Kelezatan es putar miliknya kerap disukai oleh berbagai kalangan. Membuat es putar rasa alpukat dijual dengan gerobak dorong khas. Ciri khas es putar rasa alpukat miliknya adalah, suara lonceng kecil di gerobak.

Ia juga melayani pesanan es putar atau es krim, untuk kebutuhan resepsi pernikahan, ulang tahun, pelengkap catering, syukuran, acara luar ruangan dengan sistem literan atau galon. “Es putar alpukat disukai oleh kalangan anak anak hingga orang dewasa dengan sensasi rasa manis dan gurih,” bebernya.

Buah alpukat mentega, selain biasa dibuat menjadi es putar atau es krim, juga nikmat dibuat salad. Olahan buah menjadi salad dilakukan oleh Nory, warga Bumiwaras, Teluk Betung. Ia membeli alpukat mentega dalam kondisi mentah seharga Rp12.000 perkilogram berisi lima buah. Setelah diperam selama tiga hari, buah akan matang ditandai tekstur yang empuk. Buah akan matang dengan diperam dengan membungkus memakai koran. “Saya buat menjadi salad dengan cara membelah buah menjadi dua untuk dibuang bagian biji sehingga daging buah bisa dikerok memakai sendok,” cetusnya.

Buah alpukat yang telah dikerok memakai sendok selanjutnya akan dimasukkan dalam mangkuk. Tambahan perasa berupa gula putih, gula aren dan susu cair akan menambah nikmat salad buah. Memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh olahan buah alpukat bisa menjadi alternatif, untuk menjaga stamina tubuh. Selain dijadikan salad, alpukat kerap dibuat menjadi minuman jus yang menyegarkan.

Buah alpukat yang diolah menjadi minuman, disebut Nory memiliki kandungan lemak tak jenuh. Kuliner berbahan buah tersebut juga kaya nutrisi vitamin A, B, C, E dan K, serta karbohidrat. Kandungan yang baik kerap menjadikan buah alpukat menu diet sehat, bagi yang memiliki niat untuk menurunkan berat badan. Selain menyegarkan buah alpukat jadi pilihan bahan kuliner kaya manfaat kesehatan.

Lihat juga...