Ayam Taliwang Menu Pilihan Keluarga di Rumah Saat PPKM

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — Untuk menikmati makanan khas berbagai daerah tidak perlu keluar rumah di masa pandemi seperti sekarang ini. Tak sedikit resep sederhana yang dapat dibuat sendiri di rumah untuk disantap bersama keluarga.

Salah satunya seperti olahan daging ayam, bisa di kreasikan berbagai masakan khas, seperti ayam taliwang, merupakan makanan khas Lombok Nusa Tenggara Barat yang bisa dibuat sendiri dengan berbagai referensi.

“Ayam taliwang, cara membuatnya tidak sulit. Tapi tentunya harus sesuai dengan khasnya seperti ayam harus ayam kampung. Kalo diganti ayam kota, tentu akan berbeda rasanya,” papar Risma Khairun kepada Cendana News, Sabtu (16/1/2021).

Risma Khairunnisa, ibu rumah tangga di Bekasi, mengkreasikan ayam taliwang sebagai menu keluarga di akhir pekan masa penerapan PPKM, Sabtu (16/1/2021). -Foto M. Amin

Kenapa harus menggunakan ayam kampung, lanjut Risma agar bumbu lebih meresap. Namun tentunya bisa menyesuaikan budget, ayam kampung lebih tinggi dibanding ayam kota.

Risma, untuk keluarganya mencoba mengkreasikan resep bumbu ayam taliwang dengan ayam kota. Rasanya menurut dia hampir mirip. Terutama pada rasa pedas dan manisnya.

Menurutnya, olahan daging terletak pada bahan baku bumbu, rasa lainnya bisa menyesuaikan. Apalagi masak di rumah bukan untuk jualan hanya menambah varian menu di akhir pekan untuk dimakan bersama keluarga.

“Saat ini, Pulau Jawa kembali menerapkan PSBB/PPKM, semua rumah makan atau tempat lainnya jam operasional dibatasi. Ya, untuk itu kami mencoba resep ayam taliwang, tapi ayamnya ayam negeri,” papar Risma, mencoba resep yang banyak di internet.

Untuk resep ayam taliwang, Risma mencoba memadukan resep yang didapatnya, seperti satu ekor ayam negeri utuh, minyak goreng untuk menumis, jeruk limau untuk merendam ayam, bumbu halus seperti cabai merah, rawit jadi haluskan jadi satu, bawang merah bawang putih tomat, kencur, gula merah, harus menggunakan  terasi.

“Rasa pedas manisnya menjadi satu, hingga membuat santapan keluarga jadi berbeda. Kebetulan di rumah ada oven, jadi ayam bisa diovenkan setelah dicampur semua bumbu, dibakar hanya menggunakan oven saja,”jelas.

Risma mengatakan dalam resep asli ayam utuh tapi ia memilih untuk dipotong-potong beberapa bagian sebelum dimasukkan ke dalam oven. Tujuannya untuk memudahkan pembagian kepada anak-anak dan keluarganya.

“Saat ini harga cabai lagi tinggi, jadi cabai rawit hanya beberapa lebih banyak cabai merah kriting,” pungkasnya mengaku anaknya menyukai masakan ayam taliwang.

Lihat juga...