Banjarmasin Dapat 6.590 Dosis Vaksin COVID-19

Ilustrasi.Vaksin COVID-19– Foto Ant

BANJARMASIN – Kota Banjarmasin, ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan, mendapat kuota 6.590 dosis vaksin COVID-19, pada gelombang pertama pembagian. Jatah tersebut untuk dibagikan kepada 13 kabupaten dan kota setempat.

6.590 dosis vaksin tersebut khusus, untuk seluruh tenaga kesehatan. Tenaga kesehatan yang jadi sasaran tersebut termasuk yang ada di RSUD Ulin, RSUD Ansari Saleh, RSUD Sultan Suriansyah, 26 puskesmas, serta beberapa rumah sakit swasta.

“Sebenarnya dosis yang didapat ini masih kurang dari data yang kita perlukan, sebab hingga siang tadi sudah tercatat sekitar 7.500 tenaga kesehatan di kota ini,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi, Senin (11/1/2021) .

Namun untuk pastinya Machli Riyadi menyebut pihaknya memahami kekurangan tersebut, karena dosis vaksin yang didapat Kalsel pada gelombang pertama ini juga sangat terbatas. Hanya 25 ribu dosis, dibagi untuk 13 kabupaten dan kota.

Kadinkes Kota Banjarmasin, Machli Riyadi – Foto Ant

Untuk pelaksanaan vaksinasi di Kota Banjarmasin, Dinas Kesehatan Kalsel melakukan sosialisasi, dengan sasaran semua fasilitas kesehatan yang akan melakukan vaksinasi. “Sosialisasi bagaimana tujuan, strategi, penjadwalan dan jumlah orang sasaran vaksinasi awal ini, sehingga kita memiliki pemahaman yang sama,” ujarnya.

Diharapkan, masyarakat mendukung program vaksinasi COVID-19 tersebut, karena setelah para garda terdepan penanganan corona, diikuti tenaga kesehatan, akan berlanjut ke masyarakat yang sudah didata sebagai sasaran sebanyak 427 ribu. “Karena dengan vaksinasi inilah kita mampu mengendalikan penularan virus, sehingga kondisinya diharapkan berangsur normal seperti semula,” ujarnya.

Menjelang pelaksanaan vaksinasi pada tahap pertama 14 Januari 2021, Kota Banjarmasin mulai melaksanakan pengetatan kegiatan masyarakat, sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19. Pembatasan dilakukan dengan mengikuti kebijakan pemerintah pusat dengan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tanggal 11–25 Januari 2021. (Ant)

Lihat juga...