Banjir Di Kelurahan Belanti Berdampak Langsung Pada 85 KK

Kondisi banjir yang terjadi di Kabupaten Tapin, Kalsel, Kamis (14/1/2021) - Foto Ant

BANJARMASIN – Sebanyak 85 Kepala Keluarga (KK) di RT 13 dan RT 14, Kelurahan Raya Belanti, Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) terdampak banjir.

“Ketinggian air di dua RT tersebut mencapai 30 sentimeter (cm) hingga 50 cm,” kata Kapolres Tapin, AKBP Pipit Subianto, melalui Kabag Ops, AKP Raindhard Maradona, di Rantau, Kamis (14/1/2021).

Personel Polres Tapin disebutnya, sudah dikerahkan ke seluruh wilayah terdampak banjir, guna melakukan evakuasi terhadap warga. Hingga saat ini, personel masih di lapangan untuk terus hadir di tengah-tengah masyarakat, guna memberikan bantuan kepada korban bencana banjir. Selain melalukan mengevakuasi warga ke tempat yang aman, pihaknya juga mendirikan posko darurat dan dapur umum, serta pemberian bantuan sosial. “Posko darurat dan dapur umum kami dirikan untuk para korban banjir, agar mereka tetap bisa istirahat dan mendapat asupan makanan,” kata alumni Akpol 2007 itu.

Berdasarkan laporan di lapangan, dalam musibah banjir itu tidak ada korban jiwa, baik yang meninggal dunia ataupun luka-luka. “Kami bergerak cepat, untuk mendatangi lokasi banjir dan memberikan batuan kepada warga, salah satunya mengevakuasi mereka ketempat yang aman,” katanya.

Di situasi yang terjadi saat ini, para orang tua dimintanya agar selalu memperhatikan keberadaan anak-anak. Tidak membiarkan mereka bermain tanpa pengawasan, di saat musibah banjir seperti ini. “Awasi anak dengan baik, jangan pernah lengah, sebab arus dan kedalaman air saat banjir kali ini tidak bisa ditebak,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...