Banjir Rendam Puluhan Rumah Warga Kota Subulussalam Aceh

Rumah warga di Desa Singgersing, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam, Provinsi Aceh terendam banjir akibat tingginya curah hujan yang melanda daerah ini, Minggu (10/1/2021) – Foto Ant

MEULABOH – Puluhan rumah warga Desa Singgersing, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam, Provinsi Aceh, terendam banjir, Minggu (10/1/2021). Banjir terjadi setelah hujan melanda daerah tersebut sejak Sabtu (9/1/2021) malam.

Akibat musibah tersebut, satu rumah milik Nazaruddin (43), warga desa setempat rusak parah. “Musibah banjir ini akibat hujan deras yang menyebabkan meluapnya air sungai, sehingga menggenangi permukiman penduduk,” kata petugas Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Aceh, Haslinda Juwita, Minggu (10/1/2021) malam.

Dalam musibah kali ini, ada 24 Kepala Keluarga (KK) atau sekitar 96 warga Desa Singgersing, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam ikut terdampak banjir. Selain merendam rumah warga, ruas jalan di kawasan tersebut juga ikut terendam air banjir.

Guna membantu masyarakat yang terdampak, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Subulussam mengerahkan tim reaksi cepat untuk melakukan upaya penanggulangan. “Kondisi terakhir debit air masih tinggi di lokasi,” tambah Haslinda Juwita.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini mengenai cuaca ekstrem, yang berpotensi mendatangkan bencana alam di sejumlah daerah dalam tujuh hari ke depan. “Untuk tujuh hari ke depan diprediksikan potensi cuaca ekstrem yang perlu diwaspadai karena berpotensi menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, dan banjir bandang,” kata Deputi bidang Meteorologi BMKG, Guswanto di Jakarta.

Cuaca ekstrem dalam tujuh hari ke depan diprakirakan meliputi wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Kondisi cuaca yang ekstrem, bisa menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, dan tanah longsor serta membahayakan aktivitas pelayaran dan penerbangan. Daerah yang menurut BMKG harus mewaspadai kemungkinan banjir adalah Aceh Barat Daya, Tapanuli di Sumatera Utara, Indragiri di Riau, Pesisir Selatan dan Solok di Sumatera Barat, Bungo dan Kerinci di Jambi, Bangka-Belitung, Lampung Barat, Banten bagian selatan, Jawa Barat bagian barat dan timur, Jawa Tengah bagian timur wilayah pesisir utara serta tengah dan barat, Jawa Timur bagian barat, dan wilayah Tapal Kuda.

Kalimantan Barat bagian utara, Kalimantan Selatan bagian selatan, Sulawesi Tengah bagian tengah, Sulawesi Barat bagian tengah, Sulawesi Selatan bagian utara dan selatan, Sulawesi Tenggara bagian utara, Papua Barat wilayah sekitar Teluk Bintuni, serta Papua bagian barat dan tengah juga menghadapi potensi banjir. (Ant)

Lihat juga...