Bayern Bekuk Freiburg 2-1

JAKARTA – Bayern Muenchen, kembali ke jalur kemenangan, usai membekuk tamunya Freiburg 2-1, dalam pertandingan Liga Jerman kedua tim di Allianz Arena, Munich, Minggu (17/1/2021).

Tambahan tiga poin tersebut memperbesar keunggulan poin Bayern atas para pesaingnya dalam klasemen Liga Jerman. Tim Bavaria, kini memuncaki klasemen dengan koleksi 36 poin.  Posisinya unggul empat poin dari RB Leipzig yang ada di posisi kedua, dan unggul tujuh poin dari posisi ketiga dan keempat Bayer Leverkusen serta Borussia Dortmund. Freiburg, yang rentetan lima kemenangan beruntunnya terhenti, menempati posisi kesembilan dengan 23 poin.

Bayern, membuka keunggulan pada menit ketujuh lewat gol Robert Lewandoski. Namun disamakan pada menit ke-62 oleh pemain pengganti Nils Peterse, sebelum gol Thomas Mueller pada menit ke-74 mengamankan kemenangan tuan rumah.

Sang juara, langsung menjebol gawang pada fase awal pertandingan, ketika Serge Gnabry dan Mueller bekerja sama, untuk kemudian mengumpan kepada Lewandowski. Dan penyerang Polandia itu melepaskan tembakan kaki kiri yang berbuah golnya 21-nya, pada pertandingan liga musim ini.

Setelah kehilangan Baptiste Santamaria, karena cedera pada menit kelima, Freiburg terlihat rapuh dan kesulitan menahan gempuran Bayern. Meskipun demikian, mereka sempat mencatat peluang bagus saat Rolland Sallai melepaskan sepakan melebar, setelah bola umpan silang Vincenzo Grifo tertahan dan menuju ke arahnya.

Bayern, segera mengambil kembali kendali permainan, dan kiper Freiburg Florian Mueller tampil cemerlang, untuk menahan sepakan Gnabry yang membentur badan pemain lawan.  Tuan rumah tetap mendominasi permainan pada babak kedua. Lewandowski hampir mengemas gol keduanya, saat sepakannya menyambut umpan silang Alphonso Davies terbelokkan dari arah gawang.

Pergantian tiga pemain yang dilakukan Freiburg menuai hasil. Mantan penyerang Bayern, Petersen, baru 25 detik berada di lapangan ketika menerima operan Hoefler, untuk kemudian menyamakan kedudukan melalui sentuhan pertamanya. Meski demikian, seperti yang kerap mereka perlihatkan musim ini, Bayern mampu memulihkan keunggulannya. Bola operan Kingsley Coman dari sisi kiri, diarahkan kepada Sane yang meneruskannya untuk diubah menjadi gol oleh Mueller.

Bayern, masih memiliki dua peluang bagus lagi saat upaya Lewandowski dan pemain pengganti Corentin Tolisso digagalkan kiper tim tamu. Namun Freiburg, hampir mengamankan satu poin saat sepakan Petersen membentur mistar gawang. (Ant)

Lihat juga...