Bermain Sembari Belajar, Keseruan Wisata Kuda Poni untuk Anak

Editor: Makmun Hidayat

SEMARANG — Menikmati hari liburan bersama keluarga, sembari berwisata bisa menjadi pilihan. Termasuk wisata berkuda. Tidak hanya hanya seru, pengunjung juga bisa belajar segala sesuatu tentang kuda.

Ada beragam wisata berkuda yang bisa menjadi pilihan, salah satunya Nirwana Stable, yang terletak di kawasan Mijen, Kota Semarang. Serunya, tempat wisata tersebut tidak hanya menawarkan kuda dewasa sebagai kuda tunggangan, untuk anak-anak yang ingin mencoba naik kuda bisa memilih kuda poni.

“Tidak hanya untuk orang dewasa, kesempatan untuk berkuda, juga bisa dinikmati wisatawan kategori anak. Mereka yang berusia maksimal 8-9 tahun, bisa berkuda dengan menaiki kuda poni, yang memang dikhususkan bagi anak-anak,” papar pengelola Nirwana Stable, Syaiful, saat ditemui di objek wisata tersebut, Minggu (24/1/2021)

Dipaparkan, sesuai dengan namanya, obyek wisata tersebut menawarkan beragam aktivitas terkait olahraga berkuda. Pengunjung bisa mencoba menaiki kuda yang ada, atau belajar lebih jauh dengan mengikuti coaching class berkuda, yang dilatih langsung oleh para instruktur bersertifikat.

Lebih jauh dijelaskan, untuk wisata berkuda, wisatawan tidak hanya diajak untuk berkeliling memutari area Nirwana Stables, namun juga dapat mempelajari beragam jenis kuda yang ada.

“Mereka akan memutari rute mulai dari lapangan latihan berkuda, kemudian menuju kandang kuda, tempat perawatan kuda, hingga sudut lainnya. Tujuannya, agar pengunjung bisa melihat sekaligus bertanya soal kuda-kuda yang ada,” tandasnya.

Untuk bisa menikmati wisata berkuda tersebut, tarifnya cukup terjangkau Rp50 ribu untuk kuda dewasa dan Rp35 ribu untuk kuda poni. “Untuk wisata berkuda jam operasionalnya hanya hingga pukul 17.00 WIB, meski untuk wisata secara keseluruhan hingga pukul 17.30 WIB,” tambahnya.

Salah seorang pengunjung, Johan beserta sang anak, saat mencoba wisata kuda poni di Nirwana Stable Semarang, Minggu (24/1/2021). -Foto Arixc Ardana

Sementara salah seorang pengunjung, Johan, mengaku tertarik datang ke Nirwana Stable karena ingin menikmati wisata berkuda, khususnya kuda poni. “Kebetulan anak saya suka naik kuda, setiap objek wisata menawarkan berkuda selalu mencoba. Termasuk di sini,” terangnya.

Diakuinya, dengan berkuda tersebut tidak hanya untuk keseruan semata, namun juga untuk melatih keberanian anak sebab diharuskan naik kuda sendiri. “Kalau kuda poni ini, dia naik sendiri. Jadi belajar berani juga, agar tidak mudah takut. Belajar mandiri juga. Saya hanya menemani di sebelahnya,” terangnya.

Rute yang dilalui juga menarik, karena melewati kandang kuda, sehingga bisa melihat berbagai jenis kuda yang dipelihara di tempat tersebut. “Tadi juga ada kuda yang tengah melakukan perawatan, ada yang dimandikan dan lainnya, jadi anak juga bertanya dan belajar,” tandasnya.

Dirinya pun berharap sepulang wisata berkuda, anak juga bisa mendapat tambahan keilmuan, tidak hanya sekadar keseruan berkuda.

Lihat juga...