BPBD: Delapan Kecamatan di Aceh Timur Masih Terendam Banjir

BANDA ACEH — Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh Timur menyatakan delapan kecamatan di kabupaten setempat masih terendam banjir akibat curah hujan dengan intensitas tinggi sejak beberapa hari lalu hingga ketinggian air hingga satu meter.

“Benar hingga Rabu (6/1) sore di delapan kecamatan di Aceh Timur masih terendam banjir dengan ketinggian air 20-80 centimeter. Namun di sejumlah titik lainnya banjir mulai surut,” kata Kepala BPBD Aceh Timur Ashadi, Rabu.

Dia menjelaskan delapan wilayah yang masih terendam banjir meliputi Desa Paya Bili Sa, Paya Bili Dua dan Buket Seulamat di Kecamatan Birem Bayeun. Desa Paya Palas, Seumanah Jaya dan Seumali di Kecamatan Rantau Peureulak.

Kemudian Desa Alue Lhok, Paya Awe, Seuneubok Buya dan Paya Gaboh di Kecamatan Idi Tunong. Desa Blang Rambong, Uram Jalan, Benteng, Pango, Paya Laman, Jalan Dua dan Panton Rayeuk di Kecamatan Banda Alam

Selanjutnya Desa Teupin Breuh, Kecamatan Simpang Ulim, Desa Beusa Seberang, Kecamatan Peureulak Barat, Desa Cek Mbon Kecamatan Peureulak dan Desa Pante Rambong Kecamatan Pante Bidari.

“Selain rumah terendam, banjir juga merusak satu unit rumah warga seperti di Desa Paya Awe Kecamatan Idi Tunong. Kondisinya rusak berat akibat terjadi tanah longsor,” kata Ashadi.

Di samping itu juga terjadi kerusakan jalan akibat longsor tebing 15 dan 30 meter seperti di Desa Alue Sentang dan Desa Alue Gadeng, Kecamatan Birem Bayeun, serta Desa Seunebok Cina Kecamatan Indra Makmur dan Desa Keude Kecamatan Darul Aman.

“Untuk kerugian yang terdampak di bidang pertanian, perkebunan dan kerusakan fasilitas pendidikan hingga saat ini masih dalam pendataan instansi terkait,” kata Ashadi.

Pemerintah Aceh Timur, lanjut dia, juga telah menyalurkan bantuan logistik kepada warga yang berada di sejumlah titik pengungsian sesuai dengan kebutuhan.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyebutkan banjir sejak awal 2021 itu tidak hanya melanda Aceh Timur, tetapi juga daerah lain seperti Kota Lhokseumawe, Aceh Utara dan Kota Langsa. [Ant]

Lihat juga...