Brighton Tundukkan Newport Lewat Adu Penalti

JAKARTA — Brighton & Hove Albion membutuhkan adu penalti untuk melewati tim kasta keempat sepak bola Inggris, Newport County, dalam laga putaran ketiga Piala FA di Stadion Rodney Parade, Wales Selatan, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Tim besutan Graham Potter itu memang kesulitan menerobos barisan pertahanan Newport dan baru bisa memecahkan kebuntuan tepat pada pengujung waktu normal saat Solomon March mencetak gol dari luar kotak penalti.

Sayangnya, keunggulan yang susah payah mereka raih raib begitu saja pada menit keenam injury time saat Adam Webster gagal mengantisipasi bola umpan silang dan mencetak gol bunuh diri sehingga skor imbang 1-1 dan babak tambahan 2×15 menit harus dimainkan.

Kedua tim sama-sama kesulitan mencetak gol di babak tambahan, sehingga pemenang harus ditentukan lewat adu penalti.

Kiper pelapis Jason Steele memberi suntikan kepercayaan diri saat menggagalkan dua algojo pertama Newport, Joshua Sheehan dan Mickey Demetriou.

Namun penendang kedua dan ketiga Brighton, Neal Maupay dan Yves Bissouma, juga gagal melakukan tugasnya dengan baik.

Tiba giliran Liam Shephard sebagai penendang kelima Newport dan Steele kembali membuat Brighton di ambang kemenangan, tetapi Leandro Trossard yang jadi algojo kelima juga gagal menaklukkan kiper Tom King.

Steele kembali melakukan penyelamatan gemilang untuk mementahkan algojo ketujuh Newport, Scot Bennett, dan Brighton kembali mendapat peluang bagus untuk mengunci kemenangan.

Webster, yang menjadi penendang ketujuh Brighton, sukses melakoni tugasnya dan membayar lunas gol bunuh dirinya dengan eksekusi penalti yang memperdaya King demi memastikan The Seagulls menang adu penalti 4-3.

Brighton melangkah ke putaran keempat Piala FA menyusul langkah tim-tim Liga Premier lain termasuk Tottenham Hotspur yang menyingkirkan kubu strata kedelapan Marine dalam laga lebih awal, demikian catatan laman resmi FA.

Satu pertandingan putaran ketiga Piala FA akan dijalani West Ham United di markas tim kasta kelima Stockport County pada Senin waktu setempat (Selasa dini hari WIB).

Sebelum sepak mula pertandingan itu, FA akan mengundi pertandingan putaran keempat. (Ant)

Lihat juga...