CGA Desa Wanajaya Lokasi ‘Camping’ Baru di Bekasi 

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Komunitas Pencinta Alam (KPA) Ranting Kabupaten Bekasi, mengembangkan potensi alam yang ditumbuhi pepohonan lomtoro gung (petai cina), menjadi spot kemah atau camping di desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, yang berada tidak jauh dari perkotaan. Namanya, Camping Ground Area (CGA).

Tempat itu berada di Kampung Rawa Lele, Desa Wanajaya, berdekatan dengan Pesona Wahana Jaya atau Pesona Gading Dua, yang saat ini menjadi arena baru lokasi berkemah bersama keluarga, teman atau komunitas untuk game dan edukasi tentang alam.

Mang Oye, pengelola atau tim inisiator pengembangan tempat kemah di Desa Wanajaya, Bekasi, Minggu (10/1/2021). –Foto: M Amin

“Camping Ground Area dibuat sebagai tempat buat nge-camp dan edukasi soal alam. Sebagai tempat untuk bercengkrama dengan alam. Pengelola Pesona Wahana Jaya membolehkan, asal tidak merusak yang ada,”ungkap Mang Oye, sapaan akrab Ahmad Ajad, selaku pengelola kepada Cendana News, Minggu (10/1/2021).

Untuk itu, imbuhnya, tempat Camping Ground Area yang dikembangkan sama sekali tidak mengubah apa pun, rindangan pepohonan dimanfaatkan. Lahan seluas 7.000 meter persegi itu apa adanya atau back to nature.

Rerindangan pepohonan yang ada di lokasi adalah pohon petai cina. Namun, jelas Mang Oye, hal itu tidak mengurangi suasana camping. Sehingga para pencinta alam bisa menjadikan lokasi di Wanajaya sebagai alternatif.

“Kawan pencinta alam tidak perlu jauh sekarang mencari tempat untuk camping, bisa ke Desa Wanajaya. Apalagi sekarang lagi PSSB. Ga perlu jauh, karena Camping Ground Area di Rawa Lele situasinya sama dengan alam lainnya,”ujar Mang Oye.

Camping Ground Area bisa menjadi alternatif kemah bersama keluarga, rekan dan lainnya. Karena pengelolanya mayoritas para pencinta alam yang sudah memiliki jam terbang ke berbagai tempat di tanah air.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa fasilitas secara bertahap semua sudah tersedia, seperti toilet, musala. Begitu pun untuk arena pendukung seperti motocross, pemancingan, fun bike, sepeda gunung dan tempat berswafoto.

“Nah, untuk biaya sampai sekarang belum ditetapkan alias masih gratis. Kemungkinan sampai dua bulan ke depan, karena masih ada negosiasi dengan pengelola,” tukasnya.

Pengelola lain dari pencinta alam, Iqbal, menambahkan Camping Ground Area saat ini menjadi tempat wisata alam baru yang sudah banyak dikunjungi. Setiap akhir pekan, pengunjung selalu membludak.

“Kami sebenarnya lebih kepada konsep edukasi alam, bagaimana orang bisa mencintai alam. Karena di lokasi ini ada banyak tempat wahana permainan anak lainnya,” papar Iqbal.

Ia mengatakan, Camping Gorund Area di Desa Wanajaya, Cibitung bisa menjadi tempat baru untuk bermalam di alam yang berdekatan dengan perkotaan di kompleks Taman Wisata Pesona Wanajaya.

Lihat juga...