Cirebon Siapkan Hotel untuk Isolasi Pasien OTG COVID-19

CIREBON – Pemerintah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menyiapkan tempat isolasi mandiri terpusat, bagi pasien terkonfirmasi positif COVID-19 tanpa gejala atau Orang Tanpa Gejala (OTG) di salah satu hotel.

“Kita sudah teken kontrak selama tiga bulan untuk hotel yang dijadikan lokasi isolasi pasien tanpa gejala,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni, Rabu (13/1/2021).

Enny mengatakanm hotel yang digunakan sebagai tempat isolasi terpusat itu cukup baik. Memiliki sarana olahraga yang luas, area untuk berjemur dan sirkulasi udaranya bagus. Pemilihan tempat isolasi tersebut dilakukan, setelah Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Cirebon, melakukan rapat evaluasi yang memutuskan, pasien COVID-19 tanpa gejala agar menjalani isolasi terpusat. “Hasil rapat Satgas Penanganan COVID-19 beberapa hari lalu, telah disepakati bahwa tempat isolasi mandiri berada di Hotel Radiant,” jelasnya.

Terdapat 41 kamar dengan daya tampung dua orang per kamar, dan akan di sewa selama tiga bulan. Nantinyam meskipun tidak ada yang menjalani isolasi, tetap membayar sewa. Untuk itu pihaknya berharap, semua pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 tanpa gejala, harus menjalani isolasi terpusat.

Per-kamar disewa Rp508 ribu untuk satu malam. Dan keberadaanya perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin, agar penyebaran virus corona baru bisa diminimalkan. “Selama menjalani isolasi warga juga diberikan makan tiga kali sehari, semua gratis karena yang menanggung pemerintah,” katanya. (Ant)

Lihat juga...