Cuaca Di Sulut Kondusif, Tetapi Masyarakat Harus Tetap Waspada

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi, BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Bitung, Ricky Daniel Aror – foto Ant

MANADO – Cuaca di Sulut, beberapa hari ke depan diperkirakan kondusif. Namun demikian, masyarakat diingatkan untuk tetap waspada. Hal itu dikarenakan, curah hujan masih akan tinggi, meski cuaca berangsur-angsur mulai berpotensi normal.

“Berdasarkan data-data yang ada, beberapa hari ke depan diprakirakan cuaca akan berangsur-angsur kondusif, namun tetap harus selalu waspada, mengingat kita masih berada pada musim hujan, sehingga cuaca yang terlihat kondusif-pun bisa berubah menjadi ekstrem,” ujar Koordinator Bidang Observasi dan Informasi, BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Bitung, Ricky Daniel Aror, di Manado, Sabtu (23/1/2021).

Masyarakat diminta untuk terus mewaspadai potensi bencana-bencana hidrometeorologi yang bisa terjadi, seperti banjir dan tanah longsor. Selain itu, masyarakat diharapkan tidak terpengaruh dengan berita bohong (hoax). “Caranya adalah mencari informasi ke instansi atau lembaga resmi pemerintah seperti BMKG, yang bisa diakses melalui website, aplikasi InfoBMKG atau halaman Facebook BMKG Sulawesi Utara,” katanya.

Ricky mengatakan, penyebab cuaca ekstrem di provinsi berpenduduk lebih dari 2,6 juta jiwa itu, diindikasikan dengan pengaruh fenomena alam La Nina yang masih kuat, karena Suhu Permukaan Laut (SPL) di barat Pasifik masih menunjukan anomali positif. SPL hangat, menyebabkan penguapan tinggi dan massa udara yang membawa banyak uap air bergerak, dari timur laut dengan kecepatan angin yang lumayan kencang, dan melambat ketika masuk ke utara Sulawesi. “Terjadi penumpukan massa udara yang cenderung hanya di pesisir semenanjung Sulawesi Utara, yang menyerupai sendok (cekungan) sehingga memicu juga pertumbuhan awan-awan orografi,” jelasnya.

Cuaca ekstrem yang terjadi pada Sabtu (16/1/2021), Minggu (17/1/2021) dan Jumat (22/1/2021), menyebabkan banjir dan longsor di sejumlah wilayah di Manado, Minahasa. Selain banjir, yang merendam pemukiman penduduk di beberapa lokasi di Manado, juga terjadi longsor yang menelan korban jiwa. (Ant)

Lihat juga...